Kabupaten Sidoarjo
Sidoarjo Permai Bersih Hatinya
° C
HUT Pol PP untuk Menyamakan Visi Nasional
Dilihat
1173
Penulis: Bidang Informasi Publik
16-03-2016




HUMAS PROTOKOL, Sidoarjo -  Kabupaten Sidoarjo  didaulat menjadi tuan rumah pada Peringatan HUT Satpol PP ke 66 dan Satuan Pelindungan Masyarakat ke-54 Provinsi Jawa Timur tahun 2016 ini. Pemilihan Kabupaten Sidoarjo sebagai tuan rumah ini, karena pada peringatan HUT Satpol PP dan Linmas tahun lalu di Banyuwangi pada lomba parade Deville Satpol PP se Jawa Timur Kabupaten Sidoarjo keluar sebagai juara I.

 

Bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) pada Apel Besar Hari Ulang Tahun (HUT) Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) ke – 66  dan Satuan Perlindungan Masyarakat (Linmas) ke 54, Gubernur Jawa Timur Drs. H. Soekarwo yang dilaksanakan di Gedung Olahraga Delta Sidoarjo, Selasa (15/4).

 

Turut Hadir dalam acara ini, para pejabat di lingkungan Provinsi Jawa Timur, Bupati dan Walikota se- Jawa Timur, para Pimpinan Satpol PP se- Jawa Timur, dan para pejabat di lingkungan pemerintah Kabupaten Sidoarjo.

 

Dan peserta upacara pada apel besar ini diikuti oleh Dinas Perhubungan Kabupaten Sidoarjo, Polres Sidoarjo, Kodim 0816 Sidoarjo,  dan Satpol PP dari seluruh Kabupaten / Kota se-Jawa Timur masing – masing 1 peleton, dan 5 peleton dari Linmas.

 

Gubernur Jawa Timur yang akrab disapa Pakdhe Karwo menyampaikan sambutan dari Menteri Dalam Negeri (Mendagri) selaku Pembina Umum Satpol PP dan Linmas Indonesia. Dimana pada peraingatan kali ini mengambil tema, “Dengan semangat HUT Satpol PP ke-66 dan HUT Satlinmas ke-54, kita wujudkan polisi pamong praja dan linmas yang humanis, berdedikasi, disiplin dan tegas”.

 

Dalam sambutannya Mendagri menekankan bahwa Sat Pol PP ini merupakan  urusan wajib pemerintahan yang terkait dengan pembinaan ketentraman, ketertiban dan perlindungan masyarakat. Jadi dengan adanya momen ini, sangat strategis untuk untuk menyamakan visi Sat Pol PP seluruh Indonesia.

 

Selain itu, Satpol PP ini juga merupakan tangan kanan pemerintah daerah, terutama dalam mengawal pelaksanaan Perda,” jelasnya.

 

            Sebagai rangkaian acara apel besar ini, para peserta dan tamu undangan dihibur oleh 500 penari yang menarikan tari Banjar Kemuning dari unsur pelajar SMA dan SMK se- Kabupaten Sidoarjo dan Satpol PP Kabupaten Sidoarjo, dan satu dari perwakilan penari tersebut mempersembahkan karangan bunga untuk Gubernur Jawa Timur.

 

            Kemudian dilanjutkan dengan Deville satpol PP dari masing – masing kabupaten / kota se- Jawa Timur. Pada sesi deville diikuti oleh 38 peleten perwakilan dari kabupaten / kota se Jawa Timur, setiap peleton barisan satpol PP melewati panggung kehormatan, yang dinilai oleh dewan juri.

 

            Dari hasil penilaian Dewan Juri berdasarkan kerapian dan ketertiban pasukan, yang diumumkan oleh Kepala Satpol PP Provinsi Jawa Timur, Drs Sutarkib, M.Si, yakni juara I diraih oleh Kabupaten Pasuruan dengan total nilai 882,  juara 2 Kabupaten Jember dengan nilai 852, juara 3 Kabupaten Bojonegoro, dan untuk juara favorit diraih oleh Kabupaten Sidoarjo dengan nilai 796.

 

            Selain itu juga ada penyerahan bantuan sosial sebesar Rp. 15 juta untuk tiga panti asuhan di Kabupaten Sidoarjo, yakni Panti Asuhan Hidayatullah Kebonsari Sidoarjo, Al Mujahidin Balongbendo, dan Panti Asuhan Al Maida Sukorame – Candi.

 

            Dilanjutkan dengan pertunjukkan seni beladiri militer Yongmoodo dari Satpol PP Kabupaten Sidoarjo, dan sebagai penutup dari marching band Gita Pati Akademi Perikanan Kabupaten Sidoarjo. (humas/en)