Kabupaten Sidoarjo
Sidoarjo Permai Bersih Hatinya
° C
Kabupaten Sidoarjo Canangkan PIN Polio 2016
Dilihat
1174
Penulis: Bidang Informasi Publik
08-03-2016




HUMASPROTOKOLSidoarjo.- Pemerintah Kabupaten Sidoarjo dukung Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio 2016 yang serentak dilaksanakan tanggal 8 sampai 15 Maret di Indonesia. Dukungan terhadap program pemerintah pusat tersebut  diperlihatkan dengan ikut serta melakukan pencanangan PIN Polio 2016 di Desa Ngampel Sari Kecamatan Candi tadi pagi, Selasa (8/3).

 

Ratusan ibu dengan balitanya antusias menyambut pelaksanaan PIN Polio gratis di Kabupaten Sidoarjo. Menandai pelaksanaan PIN Polio di Kabupaten Sidoarjo, Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah, SH, M.Hum secara simbolis memberikan vaksinasi polio kepada balita.

 

Mencuplik sambutan Presiden RI Ir. H. Djoko Widodo, Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah mengatakan penyakit polio merupakan penyakit menular. Penyakit tersebut potensial Kejadian Luar Biasa (KLB) wabah yang dapat mengancam kehidupan bayi dan anak balita. Pasalnya wabah polio mengakibatkan cacat seumur hidup bahkan kematian.

 

“Penyakit ini hanya dapat dicegah penularannya melalui imunisasi,”ujarnya.

 

Untuk itu ia menghimbau kepada semua orang tua yang mempunyai balita untuk membawa ke Pos PIN terdekat. Semua anak usia 0 sampai 59 bulan harus mendapatkan imunisasi polio secara gratis. Agar generasi penerus bangsa terhindar dari ancaman virus Polio yang sangat berbahaya. Dengan begitu Indonesia sehat bebas polio khususnya di Kabupaten Sidoarjo akan terus terwujud. Untuk itu ia meminta semua pihak untuk mendukung dan melaksanakan kegiatan PIN Polio 2016 kali ini.

 

Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah mengungkapkan ada 1.818 Pos PIN yang tersebar di Kabupaten Sidoarjo. Pos PIN tersebut terdiri dari 1.773 Pos PIN di Posyandu dan 45 Pos PIN di Unit Pelayanan Swasta (UPS) serta di Fasilitas Umum (Fasum) seperti diterminal maupun bandara. Kurang lebih 174.229 anak di Kabupaten Sidoarjo yang menjadi sasaran pelaksanaan PIN tahun ini.

 

Diakhir sambutannya ia meminta kepada semua pihak untuk ikut mensukseskan PIN Polio tahun ini. Partisipasi dari Kementrian Agama serta organisasi kemasyarakatan untuk ikut serta menyebarluaskan informasi pelaksanaan PIN Polio kepada masyarakat sangatlah di harapkan. Hal tersebut diperlukan tidak lain untuk mewujudkan generasi bangsa yang sehat yang bebas dari ancaman virus Polio.

 

“Saya tekankan kepada semua pihak karena kegiatan PIN Polio ini dampaknya sangat baik sekali dalam mewujudkan generasi bangsa yang sehat, kami mohon dukungan dari semua pihak,”pintanya.

 

Dalam pencanangan PIN Polio 2016 kali ini, juga dihadiri Sekretaris Daerah Kabupaten Sidoarjo H. Vino Rudy Muntiawan SH. Selain itu Ketua Komisi D DPRD Sidoarjo H.Usman M.Kes serta Condro Edi Wibowo juga hadir. Tidak ketinggalan Ketua dan Wakil ketua TP-PKK Kabupaten Sidoarjo Ny. Hj. Anik Saiful Ilah dan Ny. Hj. Ida Nur Ahmad juga hadir dalam kesempatan tersebut. (humas/git)