Kabupaten Sidoarjo
Sidoarjo Permai Bersih Hatinya
° C
Dengan Aplikasi M-Bonk Masyarakat Diajak Berperan Aktif dengan Masalah Kerusakan Jalan
Dilihat
754
Penulis: Bidang Informasi Publik
27-02-2016




HUMASPROTOKOLSidoarjo.- Peran serta warga sangatlah diperlukan untuk membenahi permasalahan – permasalahan yang ada, khususnya pada kerusakan infrastruktur jalan di Kabupaten Sidoarjo. Setidaknya ada 51 Km ruas jalan yang rusak yang harus dibenahi, untuk itu diharapkan masyarakat bisa memberikan informasikan permasalahan kerusakan jalan yang disebabkan hampir oleh semua lapisan masyarakat sebagai pengguna jalan dan juga karena faktor alam dimana curah hujan yang ada memiliki intensitas yang cukup tinggi.

Dan pada acara penandatanganan MoU Bupati Sidoarjo dengan Microsoft  dan  Launching Aplikasi M-Bonk dan Dilanjutkan Dengan Seminar ”Shaping Sidoarjo Regency Into A World Class City”, di Pendopo Delta Wibawa Kabupaten Sidoarjo, 23/2 Dinas PU Bina marga Sidoarjo berharap setelah aplikasi ini diluncurkan semua masyarakat Sidoarjo dan para pengusaha untuk peduli jalan dengan mengakses aplikasi m-bonk dan segera melaporkan bila ada jalan yang rusak supaya dapat segera memperbaiki sesuai dengan anggaran yang tersedia.

“Dengan aplikasi ini  warga bisa melaporkan secara langsung jalanan yang rusak di wilayahnya atau tempat lain yang ditemuinya”. Hal ini dikatakan kepala dinas PU Bina marga Sidoarjo Ir. Sigit Setyawan.

Ir. Sigit Setyawan juga menyampaikan aplikasi ini bekerjasama dengan mikrosoft dalam mengembangkan aplikasi ROAR menjadi M-Bonk, aplikasi ini diterapkan dengan menggunakan basis android, IOS dan windows yang bisa diunduh gratis di Google atau Apple, sehingga jika warga ini melaporkan jalan yang rusak cukup dengan memotret jalanan yang rusak dan akan langsung terkoneksi dengan GPS, sehingga Dinas PU Bina Marga Bisa secara langsung bisa melihat kerusakan jalan yang terjadi.

Tahun ini Telah disiapkan anggaran sebesar Rp.231 M untuk peningkatan kualitas dan pembangunan jalan baru dan juga akan disiagakan 7 group satgas menggarap perbaikan jalan rusak yang informasinya diperoleh dari berbagai sumber termasuk laporan masyarakat.

Vice President Public Sector Microsoft Asia Stefan Joestroem yang pada saat itu didampingi oleh Ruben hattari, Director of Corporate Affair Microsoft Indonesia mengatakan akan mengoptimalkan aplikasi ROAR menjadi M-Bonk , dimana aplikasi ini berbasis komunitas sehingga masyarakat dapat berperan secara langsung.

Bupati Sidoarjo Saiful Ilah, SH.M.Hum menyampaikan Kerusakan jalan sangatlah tidak menguntungkan bagi pengguna jalan karena dapat menimbulkan korban kecelakaan lalu lintas, hal ini juga disebabkan keterbatasan informasi kerusakan jalan yang didapat Pemerintah Kabupaten Sidoarjo dari aduan masyakat baik dari media cetak, media elektronik dan media lainnya sehingga terkadang terlambat dalam menangani kerusakan tersebut.

“Dan pada moment yang baik ini, saya mengajak semua masyarakat sidoarjo dan para pengusaha untuk peduli jalan dengan mengakses aplikasi m-bonk dan segera melaporkan bila ada jalan yang rusak supaya kami dapat segera memperbaiki sesuai dengan anggaran yang tersedia” kata Bupati Sidoarjo. (yuk)