Kabupaten Sidoarjo
Sidoarjo Permai Bersih Hatinya
° C
Guna Mengangkat Kelestarian Budaya Lokal, Kabupaten Sidoarjo Kembali Menggelar Sidoarjo Exotic Carnival
Dilihat
953
Penulis: Bidang Informasi Publik
25-02-2016




Sidoarjo-Humas Protokol, Pemerintah Kabupaten Sidoarjo selalu berupaya untuk mengapresiasikan seni dan budaya melalui kegiatan Pawai Budaya dalam rangka memperingati Hari Jadi Kabupaten Sidoarjo  jadi ke 157 Kabupaten Sidoarjo kembali mengadakan Pawai Budaya yang dikemas dalam “Sidoarjo Exotic Carnival“, Minggu 21/2 di Alun-alun Kabupaten Sidoarjo.

 

Walaupun merupakan agenda rutin tahunan ribuan warga Sidoarjo masih terlihat antusias menyaksikan pertunjukan dimeriahkan oleh 51 (lima puluh satu) peserta dari SKPD, BUMD  dan kecamatan yang turut memeriahkan event ini,  pawai kendaraan hias serta dan berbagai macam kostum ditampilkan para peserta serta tak lupa pula tarian kreasi baru dan fashion show batik khas Kabupaten Sidoarjo.

 

Drs. Mulyadi Sekretaris Disporabudpar Kabupaten Sidoarjo yang pada saat itu mewakili Kepala Disporabudpar Kab. Sidoarjo menyampaikan  “Selain untuk memperingati Hari Jadi yang ke 157 Kabupaten Sidoarjo juga untuk menggali potensi  wisata yang ada di wilayah Sidoarjo. Utamanya sejarah dan kebudayaan yang ada di wilayah Kabupaten Sidoarjo, serta memotivasi para pelaku seni agar lebih semangat lagi menciptakan ide-ide kreatifnya dalam mengembangkan seni dan budaya di Kabupaten Sidoarjo”.

 

Sementara itu Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah, SH.M.Hum yang  pada kesempatan itu didampingi oleh wakil Bupati Sidoarjo yang baru H. Nur Ahmad Syaifuddin, SH. Serta Ketua DPRD Kabupaten Sidoarjo H. Sulamul Hadi Nurmawan dalam sambutannya mengatakan bahwa Pawai budaya ini bisa menjadi ikon Pemerintah Kabupaten Sidoarjo dalam memperingati Hari Jadinya, dan  berharap kegiatan ini tidak monoton, tetapi dikembangkan menjadi paket wisata di Kabupaten Sidoarjo.

 

“Untuk itu, menjadi tugas kita bersama mengemas Pawai Budaya ini lebih menarik dan hal ini tentu saja membutuhkan dukungan berbagai pihak terkait, termasuk masyarakat, seniman dan generasi muda Sidoarjo dan disamping itu pawai budaya ini mempunyai peran yang strategis dalam menyaring dampak negatif budaya asing dan untuk melestarikan budaya” ujarnya.

 

Dan pada saat  yang sama selain kegiatan Pawai Budaya, juga dilaksanakan kegiatan “Pesta Rakyat” yang dilaksanakan di Parkir Timur GOR Sidoarjo yang merupakan rute terakhir bagi peserta pawai budaya, kegiatan pesta rakyat ini berkesinambungan dengan kegiatan Pawai Budaya dengan tujuan untuk memberikan hiburan dan meningkatkan ekonomi kerakyatan bagi pedagang kuliner maupun UMKM.

 

Selain dihibur berbagai macam tampilan dari peserta carnival, diakhir acara pengunjung acara yang terlihat berdatangan mulai pagi suguhi penampilan dari Pasmar dan Akademi Angkatan Laut (AAL) dengan tampilan yang cukup memukau.

 

Sebagai penghargaan atas apa yang ditampilkan oleh para peserta carnival diberikan 13 besar peserta terbaik diantaranya, terbaik pertama  disabet oleh Kecamatan Tulangan, kemudian Disporabudpar, Kec. Sidoarjo,  Dinsosnaker, Tiara Kusuma, selanjutnya Diskoperindag, Harpi Melati, Kec. Jabon, Badan Kepegawaian Daerah, Dinas Perijinan Terpadu, Kec.  Krembung, Kec Prambon dan terbaik terakhir diraih Kecamatan Tanggulangin.(yuk)