Kabupaten Sidoarjo
Sidoarjo Permai Bersih Hatinya
° C
799 Siswa Diktuk Brigadir Polri Selesaikan Pendidikannya di Kabupaten Sidoarjo
Dilihat
1176
Penulis: Sigit Nugroho
23-02-2016




HUMASPROTOKOLSidoarjo.- Sebanyak 799 siswa Diktuk (Pendidikan Pembentukan) Brigadir Polri telah menyelesaikan pendidikannya di Pusdik Gasum Porong Sidoarjo. Para siswa Diktuk  Brigadir Polri tersebut berasal dari dua Polda. Yakni Polda Metro Jaya dan Polda Jawa Barat yang tergabung dalam Resimen Yodha Wirasana. Tadi pagi, mereka disiagakan dengan apel di Alun-alun Sidoarjo Selasa (23/2). Apel yang dilanjutkan dengan kirab tersebut sebagai tanda penutupan Diktuk Brigadir Polri T.A 2015. Dalam kesempatan tersebut, Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah SH,M.Hum ditunjuk untuk memimpin apel.

 

Dalam kesempatan tersebut Forkopimda (Forum Koordinasi Pimpinan Derah) Sidoarjo juga hadir. Diantaranya Wakil  Bupati Sidoarjo H. Nur Ahmad Syaifuddin SH, Ketua DPRD Sidoarjo H. Sullamul Hadi Nurmawan, Kapolres Sidoarjo AKBP Muh. Anwar Nasir, S.I.K., M.H, serta Kepala Pengadilan Negeri Sidoarjo Budi Susilo SH,MH. Selain itu juga dihadiri Kapusdik Gasum Drs. Herry Sitompul, MH.

 

Dalam sambutannya, Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah mengatakan keberadaan polisi di tengah masyarakat sangat penting dan krusial. Pasalnya polisi sebagai pelayan, pelindung dan pengayom masyarakat yang perekrutannya langsung dari masyarakat.

 

Bupati Sidoarjo katakan Brigadir Polri merupakan bagian kekuatan pelaksanaan tugas dan fungsi polisi. Yakni Sebagai alat penegak hukum, pengayom dalam memberikan perlindungan dan pelayanan masyarakat. Selain itu tugas fungsi polisi lainnya adalah membina dan mewujudkan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) serta melaksanakan tugasnya sesuai dengan perundang-undangan.

 

“Saat ini Brigadir Polri telah menjadi garda terdepan dan menjadi salah satu kunci bagi pembentukan citra kepolisian,”ujarnya.

 

Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah juga mengatakan bahwa tantangan Polri ke depan semakin berat. Untuk itu diharapkannya siswa Diktuk Brigadir Polri yang telah lulus dapat menjadi anggota Polri yang siap pakai, profesional dan patuh hukum sesuai dengan tugas dan fungsinya.

 

Ia katakan menjadi seorang polisi tidaklah mudah.  Beberapa tahapan dan seleksi yang ditetapkan harus dilewati. Oleh karena itu siswa Diktuk Brigadir Polri kali ini merupakan orang-orang terpilih sabagai insan bhayangkara.  Oleh sebab itu sikap, prilaku, pengetahuan, serta ketrampilan tugas umum kepolisian dan kemampuan dasar yang baik harus dimilikinya.

 

“Mulai saat ini, tanamkan komitmen untuk melaksanakan tugas mulia ini dengan sungguh-sungguh sehingga dapat melahirkan personel Polri yang trampil dan profesional,”pesannya. (humas/git)