Kabupaten Sidoarjo
Sidoarjo Permai Bersih Hatinya
° C
Pemkab Sidoarjo Gelar Khitan Massal Gratis
Dilihat
1308
Penulis: Sigit Nugroho
11-02-2016




HUMASPROTOKOLSidoarjo.- Khitan massal gratis dalam rangka Hari Jadi Kabupaten Sidoarjo ke 157 tahun 2016 digelar Pemerintah Kabupaten Sidoarjo. Sebanyak 160 anak ikuti kegiatan rutin tahunan dari Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Sidoarjo tersebut. 20 tenaga kesehatan dari Dinas Kesehatan Kabupaten Sidoarjo diterjunkan dalam khitan massal yang dilakukan di Pendopo Delta Wibawa Kabupaten Sidoarjo tadi pagi, Kamis (11/2).

 

Ada yang menarik dalam kegiatan khitan massal gratis kali ini. Sebelum pelaksanaannya, peserta khitan massal yang berasal dari seluruh kecamatan di Sidoarjo diarak menggunakan kereta kelinci. Ada sekitar 10 kereta kelinci yang digunakan untuk mengangkut peserta khitan massal. Dan menariknya juga, arak-arakan peserta khitan massal di kawal oleh sekitar 10 Moge (Motor Gede) Harley Davidson. Keterlibatan Moge yang tergabung dalam HDCI (Harley Davidson Club Indonesia) Surabaya tersebut bukan tanpa sebab. Kedatangan HDCI Surabaya juga untuk memberikan bingkisan kepada peserta khitan massal.

 

Sementara itu dalam kesempatan tersebut Sekretaris Daerah Kabupaten Sidoarjo H. Vino Rudy Muntiawan SH didaulat untuk memberangkatkan arak-arakan peserta khitan massal. Dari pendopo Delta Wibawa Sidoarjo, arak-arakan peserta khitan massal memutari Jalan Sultan Agung, Jalan Teuku Umar, Jalan Thamrin berlanjut Jalan A. Yani dan kembali ke pendopo Delta Wibawa Sidoarjo.

 

Sekda Sidoarjo H. Vino Rudy Muntiawan mengatakan kegiatan khitan massal gratis di gelar dalam rangka Hari Jadi Kabupaten Sidoarjo ke 157 tahun ini. Anak-anak yang di khitan akan mendapatkan uang saku dan bingkisan dari Pemda Sidoarjo. Melalui BAZNAS Sidoarjo, masing-masing peserta khitan mendapatkan uang saku sebesar Rp. 175 ribu. Selain itu bingkisan berupa busana muslim yang terdiri dari baju taqwa, songkok dan sarung yang dalam kesempatan tersebut juga diberikannya. Dan pengobatan gratis pasca di khitan juga diberikan di masing-masing Puskesmas tempat tinggalnya.

 

Dalam kesempatan tersebut Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Sidoarjo KH. Hambali Zuhdi serta Ketua Pengda HDCI Jawa Timur Rudhy Wisaksono ikut hadir. Selain itu, Ketua TP-PKK Kabupaten Sidoarjo Ny. Hj. Anna Jonathan Judianto serta Ketua Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Sidoarjo Ny. Hj. Nun Vino Rudy Muntiawan juga hadir dalam kegiatan khitan massal kali ini.

 

Dalam khitan massal kali ini tidak jarang terdengar teriakan ketakutan dari peserta khitan. Teriakan-teriakan histeris dari anak-anak yang sebagaian besar duduk di bangku Sekolah Dasar (SD) mewarnai kegiatan kali ini. Untuk itu dibutuhkan bujuk rayu dari orang tua maupun petugas kesehatan yang akan mengkhitannya. Tidak terkecuali yang dilakukan oleh Sekda Sidoarjo H. Vino Rudy Muntiawan yang melihat proses khitan yang sedang berlangsung. Melihat anak yang takut dan berteriak karena akan di khitan, H. Vino Rudy Muntiawan memberikan semangatnya. Tidak hanya itu, ia juga memamerkan video kartun yang tersimpan di hp nya untuk menenangkannya. Namun bujuk rayunya tersebut seakan tidak diindahkan oleh anak yang sedang ketakutan tersebut. Hanya pegangan erat dari orang tua dan kesigapan petugas kesehatan dalam melaksanakan tugasnya mampu menuntaskan khitan kali ini. (humas/git)