Kabupaten Sidoarjo
Sidoarjo Permai Bersih Hatinya
° C
Sekda Kabupaten Pohuwato Gorontalo Timba Ilmu di Kabupaten Sidoarjo
Dilihat
1016
Penulis: Sigit Nugroho
04-02-2016




HUMASPROTOKOLSidoarjo.- Datang dari jauh, Pemerintah Kabupaten Pohuwato Propinsi Gorontalo lakukan study banding ke Kabupaten Sidoarjo. Kedatangan rombongan Pemkab Pohuwato yang dipimpin oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Pohuwato H. John Nento terkait penyusunan Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (LPPD) Kabupaten Sidoarjo yang mendapatkan penilaian baik oleh Pemerintah Pusat.

 

Hampir semua kepala bagian maupun pejabat Pemkab Pohuwatu ikut dalam rombongan study banding yang diterima oleh Staf Ahli Bupati Bidang Hukum dan Politik Pemerintah Drs. Fauzy Isfandiari serta Kepala Bagian Administrasi Pembangunan Setdakab. Sidoarjo Benny Airlangga Yogaswara SH,MM di Aula Delta Graha Setdakab. Sidoarjo pagi tadi, Kamis, (4/2). Staf Ahli Bupati Bidang Hukum dan Politik Pemerintah Fauzy Isfandiari mengakui kalau LPPD Kabupaten Sidoarjo mendapatkan penilaian baik dari Pemerintah Pusat. Dari tahun ketahunnya, LPPD Kabupaten Sidoarjo semakin baik.

 

Ia mengatakan berdasarkan Evaluasi Kinerja Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (EKPPD) 2012-2014, Kabupaten Sidoarjo salah satu kabupaten di Jawa Timur yang mengalami fluktuasi kenaikan peringkat nasional. Ia katakan tahun 2011 dan 2012 lalu, LPPD Kabupaten Sidoarjo masih berada di peringkat 17 nasional. Baru pada tahun 2013 dan 2014, LPPD Kabupaten Sidoarjo masuk 10 besar nasional dengan berada di peringkat ke 7  nasional.

 

Fauzy Isfandiari juga mengatakan berdasarkan Evaluasi Kinerja Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (EKPPD) tahun 2015 oleh Pemerintah Pusat, Kabupaten Sidoarjo kembali masuk dalam 10 besar nasional dengan status kinerja sangat tinggi. Oleh karena itu tahun lalu bupati Sidoarjo mendapatkan penghargaan Satya Lancana Karya Bhakti Praja Nugraha dari Presiden R.I pada peringatan Hari Otonomi Daerah tahun 2015 lalu.

 

Kepala Bagian Administrasi Pembangunan Setdakab. Sidoarjo Benny Airlangga juga mengatakan mempertahankan peringkat lebih sulit dibanding mengejar peringkat. Oleh karena itu dibutuhkan kunci untuk mempertahankan apa yang telah dicapai. Yakni dengan komitmen bersama serta semangat untuk mencapainya. Selain itu dibutuhkan keterlibatan dari unsur pimpinan secara langsung agar laporan yang dibuat dapat berjalan sesuai koridor yang ada.

 

Ia mengatakan bupati memberikan support secara langsung terkait LPPD yang ada. Selain itu sekretaris daerah selalu memonitor perkembangan LPPD Kabupaten Sidoarjo. Pihaknya juga selalu berkomunikasi dengan kepala SKPD untuk mencapai penilaian kinerja yang baik dari Pemerintah Pusat kepada Kabupaten Sidoarjo.

 

Sementara itu Sekda Kabupaten Pohuwato H. John Nento mengaku pertimbangan study banding ke Kabupaten Sidoarjo berdasarkan penilaian LPPD Kabupaten Sidoarjo dari Pemerintah Pusat. Ia melihat dalam tahun terakhir ini LPPD Kabupaten Sidoarjo selalu masuk 10 besar nasional. Oleh karena itu ia katakan tidak salah mengunjungi Kabupaten Sidoarjo untuk menimba ilmu. (humas/git)