Kabupaten Sidoarjo
Sidoarjo Permai Bersih Hatinya
° C
Penjabat Bupati Sidoarjo Buka Lomba Musik Patrol
Dilihat
1536
Penulis: Sigit Nugroho
31-01-2016




HUMASPROTOKOLSidoarjo.- Lomba Musik Patrol memeriahkan hari jadi ke 157 Kabupaten Sidoarjo di gelar di Alun-alun Sidoarjo, Minggu (31/1). 29 grup patrol ambil bagian dalam lomba yang dibuka oleh Penjabat (Pj) Bupati Sidoarjo Drs. Ec. H. Jonathan Judianto M.MT tadi pagi.

 

Pj Bupati Sidoarjo H. Jonathan Judianto mengapresiasi terselenggaranya kegiatan lomba kali ini. Ia mengatakan patrol merupakan salah satu bentuk sarana masyarakat dalam berkomunikasi. Musik patrol dapat digunakan untuk menjaga lingkungannya. Dengan berkeliling sambil menabuh alat musik patrol, gangguan keamanan dapat dicegah.

 

“Apabila kita mendengar musik patrol yang dibunyikan dan berkeliling desa, hati kita akan merasa aman,”ucapnya.

 

Namun lanjut Pj Bupati Sidoarjo, kegiatan semacam musik patrol mulai luntur bahkan hilang. Untuk itu melalui kegiatan lomba patrol semacam ini, budaya berkeliling desa sambil menabuh alat musik akan tumbuk kembali. Sehingga rasa aman ditengah-tengan masyarakat dapat terus tercipta.

 

“Selain untuk memperingati hari jadi Kabupaten Sidoarjo yang ke 157, kegiatan ini juga bertujuan untuk mewujudkan Kabupaten Sidoarjo sebagai kota festival sekaligus kota yang agamis,”ujarnya.

 

Dalam kesempatan tersebut ia mengajak semua pihak khususnya para seniman maupun budayawan untuk terus  berkreasi dan berinovasi dalam menambah khasanah keanekaragaman seni tradisional. Dengan begitu perkembangan dan kemajuan seni tradisional tidak akan kalah dengan budaya modern yang ada.

 

Sementara itu Ketua Paguyuban Musik Patrol Sidoarjo Drs. Djoko Supriyadi mengucapkan terimakasihnya kepada Pemda Sidoarjo yang telah memperhatikan musik patrol di wilayahnya. Ia mengatakan musik patrol telah banyak dilibatkan dalam even-even yang digelar oleh Kabupaten Sidoarjo. Hal tersebut ia katakan sebagai bentuk perhatian yang diberikan Kabupaten Sidoarjo kepada komunitasnya.

 

Dalam lomba patrol kali ini akan dipilih 6 pemenang. Yakni juara pertama sampai juara ketiga serta juara harapan satu sampai juara harapan tiga. Juara pertama akan mendapatkan tropy dan uang pembinaan sebesar Rp. 2,5 juta, juara kedua mendapatkan tropy dan uang pembinaan juara sebesar Rp. 2 juta dan juara ketiga mendapatkan tropy dan uang pembinaan juara sebesar Rp. 1,5 juta. (humas/git)