Kabupaten Sidoarjo
Sidoarjo Permai Bersih Hatinya
° C
Penjabat Bupati Sidoarjo Buka Rakercab Gerakan Pramuka Kabupaten Sidoarjo
Dilihat
662
Penulis:
2015-12-29 12:36:32




HUMASPROTOKOLSidoarjo.- Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kabupaten Sidoarjo selenggarakan Rapat Kerja Cabang (Rakercab), Selasa (29/12). Rakercab yang diselenggarakan di pendopo Delta Wibawa Sidoarjo tadi pagi di buka oleh Penjabat (Pj) Bupati Sidoarjo Drs. Ec. H. Jonathan Judianto M.MT. Kakak-kakak anggota Mabicab Gerakan Pramuka Sidoarjo, Andalan Cabang Gerakan Pramuka Sidoarjo serta Ka Kwarran beserta Andalan Ranting dan kakak-kakak Pimpinan Saka, Pelatih maupun Pembina Pramuka diundang dalam kegiatan tersebut.


Pj Bupati Sidoarjo selaku Ketua Majelis Pembimbing Cabang  (Mabicab) H. Jonathan Judianto berharap melalui kegiatan kali ini akan tersusun agenda dan program kerja yang bagus untuk satu tahun kedepan. Diharapkannya pula melalui Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Sidoarjo akan terwujud rencana aksi dan revitalisasi Gerakan Pramuka di Indonesia.


Ia mengatakan terwujud rencana aksi dan revitalisasi Gerakan Pramuka di Indonesia sangat penting. Pasalnya pembentukan karakter yang sesuai dengan budaya bangsa dapat dilakukan melalui Gerakan Pramuka. Pj Bupati Sidoarjo mengatakan melalui Gerakan Pramuka, nilai-nilai kebangsaan dapat tersampaikan kepada generasi muda. Gerakan Pramuka mengajarkan toleransi kehidupan beragama, berbangsa dan bernegara.


Ini adalah suatu basis dalam menjaga keutuhan NKRI, ucapnya.


Selain itu Gerakan Pramuka mengajarkan nilai-nilai keimanan, kejujuran dan cinta tanah air dan bangsa. Oleh karena itu anggota Pramuka dapat dikatakan sebagai kader bela negara yang menjaga keutuhan NKRI.


Sementara itu Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Sidoarjo H. MG. Hadi Sutjipto SH,MM mengatakan kegiatan kali ini adalah rapat kerja yang terakhir Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Sidoarjo masa-bakti 2011-2016. Selama 4 tahun, Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Sidoarjo telah melaksanakan program kerjanya dengan baik. Bahkan tahun ini Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Sidoarjo mendapatkan prestasi sebagai Kwartir Cabang tergiat ke 2 se Jawa Timur dari Kwarda Gerakan Pramuka Propinsi Jawa Timur.


Kwarda Gerakan Pramuka Propinsi Jawa Timur menilai kegiatan kepramukaan di Kabupaten Sidoarjo sangat maju. Hal tersebut dapat dilihat dari peran aktif Kwartir Ranting disemua Kwarran. Selain itu peran aktif dari gugus depan dalam kegiatan kepramukaan juga menjadi penilaian Kwarda Gerakan Pramuka Propinsi Jawa Timur. Terutama pada penyelenggaraan Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar (KMD) yang diselenggarakan oleh gugus depan. Dari 8 kali penyelenggaraan KMD telah tercetak  534 orang pembina mahir di tahun ini.


Suatu prestasi yang membanggakan dan satu kali KML, ujarnya.


Dalam kesempatan tersebut juga dilakukan pemberian piala lomba penjelajahan Pramuka Pengalang tingkat SD/MI dan SMP/MTs oleh Penjabat Bupati Sidoarjo. Dalam lomba penjelajahan Pramuka Pengalang tingkat SD/MI dan SMP/MTs juga memperebutkan piala bergilir bupati dan wakil bupati Sidoarjo. Untuk lomba penjelajahan Pramuka Pengalang tingkat SD/MI tahun ini sebagai juara pertama putra diraih oleh SDN Sidokare 3 Sidoarjo. Sedangkan juara pertama putri diraih oleh SDN Geluran I Taman. Sementara peraih piala bergilir  wakil bupati Sidoarjo di berikan kepada SDN Geluran I Taman sebagai juara umumnya.


Sementara itu untuk lomba penjelajahan Pramuka Pengalang tingkat SMP/MTs, peraih juara pertama putra adalah SMPN 2 Taman. Sedangkan untuk peraih juara pertama putri adalah SMPN 1 Krembung. Dan untuk peraih piala bergilir  bupati Sidoarjo dalam lomba penjelajahan Pramuka Pengalang tingkat SMP/MTs di berikan kepada SMPN 2 Taman sebagai juara umumnya. (humas/git)