Kabupaten Sidoarjo
Sidoarjo Permai Bersih Hatinya
° C
1099 PNS Terima SK Kenaikan Pangkat
Dilihat
335
Penulis:
2013-04-27 09:10:01




HUMASPROTOKOL,Sidoarjo - Sebanyak 1.099 Pegawai Negeri Sipil Pemerintah Kabupaten Sidoarjo, mendapatkan kenaikan pangkat kejenjang setingkat lebih tinggi. Secara simbolis, SK kenaikan pangkat tersebut diserahkan langsung oleh Bupati Sidoarjo H.Saiful Ilah SH.MHum di pendopo Delta Wibawa, Jum’at (26/ 4).

Penyerahan SK kenaikan pangkat periode 1 April 2013 tersebut diterima PNS Sidoarjo mulai dari golongan I, II, III dan IV. Dengan rincian, golongan I sebanyak 113 orang penerima, golongan II sebanyak 341 orang, golongan III sebanyak 451 orang serta golongan IV a dan IV b sebanyak 176 orang dan IV c keatas sebanyak 18 orang PNS.

Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah dalam sambutan arahannya menginginkan agar kenaikan pangkat tersebut dibarengi dengan loyalitas, disiplin dan integritas dalam melaksanakan tugas dengan disertai penuh rasa tanggung jawab dimasa-masa mendatang. Ia mengatakan bahwa kenaikan pangkat bagi seorang PNS merupakan penghargaan yang diberikan atas prestasi kerja dan pengabdian terhadap negara. Bukan semata-mata hak yang harus diberikan kepada seorang PNS setiap empat tahunnya.

Dengan diterimanya SK kenaikan pangkat, bukan berarti langkah perjuangan saudara-saudara semakin surut, namun sebaliknya apa yang kita peroleh saat ini hendaknya lebih memacu semangat kita untuk bekerja dan mengabdikan diri lebih baik lagi dilingkungan birokrasi, sampainya.

Diakhir sambutannya, Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah berpesan untuk selalu mendahulukan kepentingan umum, bangsa dan negara dari pada kepentingan pribadi atau kelompok. Pesan kedua adalah seorang PNS harus sensitive dan responsive terhadap kesulitan dan permasalahan-permasalahan yang dihadapi dalam memberikan pelayanan dilingkungan unit kerja masing-masing.

Pesan ketiga yang disampaikannya dihadapan para kepala SKPD yang hadir adalah seorang PNS harus bisa mengembangkan kemampuan dan kompetensi diri dan bersikap professional dalam tugas. Serta seorang PNS harus juga senantiasa berpikir kreatif dan inovatif  karena masa depan Pemerintah Kabupaten Sidoarjo berada dipundak saudara-saudara, pesan bupati Sidoarjo.

Sementara itu Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Sidoarjo Sri Witarsih, SH mengatakan bahwa system kenaikan pangkat diperoleh PNS melalui jalur regular dan pilihan. Dengan kata lain system kenaikan pangkat regular diterima empat tahun sekali dan system kenaikan pangkat pilihan yang hanya diberikan kepada tenaga fungsional tertentu dan pejabat sruktural tanpa jangka waktu tertentu.

Sedangkan proses kenaikan pangkat sendiri lanjut Sri Witarsih dimulai dari usulan dari unit kerja masing-masing PNS kepada BKD Sidoarjo. Usulan tersebut lanjutnya, di serahkan 6 bulan sebelum waktunya seorang PNS berhak menerima SK kenaikan pangkat. Untuk selanjutnya, usulan kenaikan pangkat tersebut akan diteruskan instansinya ke gubernur Jawa Timur melalui BKD Propinsi Jawa Timur untuk dilanjutkan kepada Badan Kepegawaian Negara (BKN) untuk mendapatkan persetujuan teknis kenaikan pangkat.

Bu Wit sapaan akrabnya meneruskan bahwa setelah mendapatkan persetujuan teknis kenaikan pangkat dari BKN, selanjutnya proses kewenangan penetapan surat keputusan kenaikan pangkat tersebut disesuaikan. Untuk golongan IIId ke bawah ditetapkan oleh bupati, untuk golongan IVa dan IVb, SK kenaikan pangkat tersebut ditetapkan oleh gubernur. Sedangkan golongan IVc keatas ditetapkan oleh presiden.

Dalam kesempatan Sri Witarsih berujar kalau pemberian SK kenaikan pangkat tahun ini tergolong istimewa. Kalau tahun-tahun sebelumnya PNS menerimanya melalui bagian kepegawaian di masing-masing istansinya. Tahun 2013 ini, SK Kenaikan pangkat tersebut diberikan langung oleh bupati Sidoarjo yang disaksikan para pejabat Pemkab Sidoarjo.

Dan kenapa sih ini pertama kita lakukan, selama ini kenaikan pangkat langsung diberikan kepada SKPD melalui kasubag kepegawaian. Saya ingin kita semua ini punya tanggung jawab bahwa dengan naiknya pangkat, diberikan kenaikan pangkat,  kinerjanya dia semakin bagus dan saya ingin bapak bupati juga memberikan pengarahannya, pungkas Sri Witarsih.(humas/git)