Kabupaten Sidoarjo
Sidoarjo Permai Bersih Hatinya
° C
Tahun Depan, BPS Lakukan Sensus Ekonomi
Dilihat
1792
Penulis:
2015-12-17 09:35:06




HUMASPROTOKOLSidoarjo.- Badan Pusat Stastistik (BPS) akan lakukan sensus ekonomi tahun 2016 mendatang. BPS Kabupaten Sidoarjo sendiri akan mengerahkan 3.445 petugas untuk melakukan pendataan. Pendataan sendiri akan dilakukan pada bulan Mei 2016. Hal tersebut diungkapkan Kepala BPS Kabupaten Sidoarjo Sukwantono saat menggelar Seminar Sosialisasi Sensus Ekonomi 2016 di pendopo Delta Wibawa Sidoarjo, Senin (14/12). kegiatan dibuka oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Sidoarjo Vino Rudy Muntiawan SH. Camat se Kabupaten Sidoarjo serta pengusaha Sidoarjo diundang dalam kegiatan tersebut.


Kepala BPS Kabupaten Sidoarjo Sukwantono mengatakan sensus ekonomi merupakan kegiatan nasional 10 tahunan. Sensus pertama dilakukan BPS pada tahun 1986 dan berlanjut pada tahun 1996 dan tahun 2006. Sedangkan sensus ekonomi tahun 2016 besok merupakan sensus ekonomi keempat yang dilakukan oleh BPS.


Sukwantono mengatakan sensus ekonomi tersebut telah direncanakan sejak tahun 2014. Untuk persiapannya sendiri telah dilakukan pada tahun 2015 ini. Tahun depan (2016) sudah dapat dilakukan pencacahan lapangan yang berakhir pada tahun 2018.


Sensus ekonomi 2016 tepatnya akan dilaksanakan pada bulan Mei 2016 nanti, ujarnya.


Ia juga mengatakan sensus ekonomi merupakan sensus yang paling kompleks yang dilaksanakan oleh BPS. Data yang dihasilkan sangat penting bagi perencanaan pembangunan. Oleh karena itu perencanaan dan persiapannya dilakukan secara matang. Salah satu persiapannya adalah dengan menggelar Seminar Sosialisasi Sensus Ekonomi 2016 seperti ini. Hal tersebut dilakukan agar masyarakat dapat mengetahui dan memahami betapa pentingnya data sensus ekonomi bagi perencanaan pembangunan nantinya.


Pelaksanaan sosialiasi  ini merupakan suatu momentum penting yang dapat dimaknai sebagai upaya untuk semakin menetapkan mekanisme penyelenggaraan sensus ekonomi, ucapnya.


Sukwantono mengatakan pendekatan yang berbeda-beda sangat diperlukan dalam memperoleh data. Pasalnya responden sangat bervariasi mulai dari skala kecil sampai besar. Antara responden yang  berasal dari industri maupun responden pelaku rumah tangga, pendekatannya berbeda dalam menggali data.


Sementara itu Sekda Kabupaten Sidoarjo H. Vino Rudy Muntiawan mengatakan ketersediaan data yang akurat dan up to date sangat diperlukan dalam pembangunan nasional. Data yang dapat menggambarkan potret utuh perekonomian dapat diperoleh melalui sensus ekonomi. Data tersebut nantinya dapat digunakan sebagai landasan penyusunan kebijakan serta perencanaan dan evaluasi pembangunan. Selain itu melalui sensus ekonomi akan menghasilkan data yang mampu menggambarkan level dan struktur ekonomi non pertanian.


Sensus ekonomi 2016 merupakan program pemerintah yang sangat penting sehingga saya pandang sangat perlu adanya dukungan semua pihak, ujarnya.


Sekda Kabupaten Sidoarjo H. Vino Rudy Muntiawan juga mengatakan data yang dihasilkan cakupannya luas dan beragam. Oleh karena itu pelaksanan sensus ekonomi 2016 dilakukan secara bertahap. Mulai pencacahan lengkap seluruh usaha ekonomi serta pendataan karakteristik usaha mikro, kecil dan usaha menengah, besar pada tahun 2017.


Pendataan lengkap seluruh usaha ekonomi akan dilakukan dengan metode door to door, dilakukan dengan mendatangi seluruh bangunan baik bangunan rumah tangga, usaha, campuran maupun bangunan bukan tempat tinggal, ujarnya.


Untuk itu dalam kesempatan tersebut ia meminta semua pihak turut mendukung suksesnya sensus ekonomi 2016 mendatang. Salah satunya adalah dengan menerima petugas dengan baik dan memberikan jawaban dengan jujur dan benar adanya.


Dalam kesempatan tersebut H. Vino Rudy Muntiawan juga meminta semua pihak untuk ikut mensosialisasikan kegiatan sensus ekonomi. Seluruh masyarakat perlu tahu akan adanya sensus ekonomi tersebut demi suksesnya pelaksanaannya. (humas/git)