Kabupaten Sidoarjo
Sidoarjo Permai Bersih Hatinya
° C
Pj Bupati Sidoarjo Pantau Pelaksanaan Pencoblosan
Dilihat
939
Penulis:
2015-12-09 03:40:09




HUMASPROTOKOLSidoarjo.- Pelaksanaan Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) Bupati dan Wakil Bupati Sidoarjo hari ini, Rabu tanggal 9 Desember 2015 dipantau Penjabat (Pj) Bupati Sidoarjo Drs. Ec. H. Jonathan Judianto M.MT. Bersama asisten Deputi Bidkoord Keamanan Nasional Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan R.I Brigadir Jenderal Polisi Drs. Supriyanto Tarah M.M serta Kapolres Sidoarjo AKBP M. Anwar Nasir, Kepala Kejaksan Negeri (Kajari) Kabupaten Sidoarjo Undang Mugopal dan para pejabat Sidoarjo datangi tiga Tempat Pemungutan Suara (TPS).

 

Dengan menggunakan bus, TPS pertama yang didatangi TPS 21 dan 22 Kelurahan Magersari Sidoarjo yang ditempatkan di dalam Lapas Sidoarjo. Di TPS tersebut tercatat 353 DPT (Daftar Pemilih Tetap). Dalam pantauannya di TPS tersebut Pj Bupati Sidoarjo H. Jonathan Judianto tidak melihat kendala dalam pelaksanaanya. Ia katakan proses penyoblosan di TPS tersebut aman dan lancar.


Setiba di TPS pukul 09.30 WIB,   Pj Bupati Sidoarjo langsung menanyakan tingkat kehadiran DPT kepada Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS). Dari data pencatat kehadiran pemilih sudah mencapai 50% yang hadir. Dilihat dari tingkat kehadirannya pada waktu itu ia yakin masyarakat tidak akan mensia-siakan hak pilihnya untuk datang ke TPS.


Selanjutnya rombongan bergerak ke TPS 6 Kelurahan Celep Sidoarjo. Di TPS tersebut jumlah DPT nya mencapai 583 jiwa. Dalam kesempatan tersebut Pj Bupati Sidoarjo melihat-lihat surat suara yang diterima TPS tersebut. Dari pantauannya, proses pencoblosan maupun logistik Pemilu di TPS tersebut berjalan lancar.


Usai memantau jalannya proses pelaksanaan pencoblosan di TPS 6 Kelurahan Celep Sidoarjo, rombongan bergeser ke TPS 4 Desa Sidorejo Kecamatan Krian. Di TPS tersebut juga dikunjungi Gubernur Jawa Timur Dr. Soekarwo, Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Anton Setiadji serta Pangdam V Brawijaya Mayor Jenderal TNI Sumardi yang juga lakukan pemantauan ke TPS-TPS di wilayah Jawa Timur.


Dari pantauannya sejauh ini, Gubernur Jawa Timur mengatakan pelaksanaan Pemilukada di Jawa Timur masih kondusif. Ia berharap keadaan tersebut akan tetap terjaga sampai di tetapkannya kepala daerah dan wakil kepala daerah terpilih di kabupaten/kota yang menyelenggarakan Pemilukada. Hal tersebut juga diharap Pj Bupati Sidoarjo H. Jonathan Judianto. Dari pantauannya ia melihat KPPS sudah melaksanakan tugasnya dengan baik. Oleh karena itu ia tidak menemukan persoalan yang menghambat proses pemilihan bupati dan wakil bupati periode 2016-2021.


Dalam pantauannya, H. Jonathan Judianto juga melihat tingkat partisipasi masyarakat Sidoarjo untuk menggunakan hak suaranya terbilang bagus. Dan ia berharap tingkat partisipasi masyarakat Sidoarjo untuk datang ke TPS akan semakin meningkat. Sementar itu dari tiga TPS yang ia kunjungi, Pj Bupati Sidoarjo mendapatkan keterangan kalau keberadaan saksi salah satu Pasangan Calon (Paslon) tidak ada. Namun hal itu menurutnya tidak menjadi permasalahan. Pasalnya ada tidaknya keberadaan saksi diserahkan masing-masing Paslon. (humas/git)