Kabupaten Sidoarjo
Sidoarjo Permai Bersih Hatinya
° C
Pemkab Sidoarjo Gelar Apel Kesiapan Pelaksanaan Pemilukada
Dilihat
480
Penulis:
2015-12-08 07:20:02




HUMASPROTOKOLSidoarjo.- Kesiapan menjelang pelaksanaan Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) tanggal 9 Desember 2015 besok ditunjukkan oleh Kabupaten Sidoarjo. Salah satunya dengan menggelar apel kesiapan pelaksanaan Pemilukada di tiap-tiap kecamatan. Tadi pagi, Minggu (6/12) penyelenggara Pemilu Kecamatan Buduran di siagakan di lapangan Desa Banjarsari Kecamatan Buduran. PPK, Panwascam, Forkopimka serta kepala desa dan ormas Kecamatan Buduran tersebut laksanakan apel  kesiapan pelaksanaan Pemilukada yang dipimpn oleh Penjabat (Pj) Bupati Sidoarjo Drs. Ec. H. Jonathan Judianto M.MT.


Dalam apel tersebut semua unsur penyelenggara Pemilu Kecamatan Buduran juga berikrar untuk mensukseskan penyelengaraan Pilkada. Empat butir ikrar yang tertuang dalam ikrar Pilkada di ucapkannya serentak. Diantaranya siap menjalankan tugas dan netralitas, siap melaksanakan Pilkada Sidoarjo dengan jujur dan adil, dan siap  melaksanakan Pilkada Sidoarjo dengan tertib dan aman serta siap melaksanakan Pilkada Sidoarjo dengan damai.


Dalam sambutannya Pj Bupati Sidoarjo H. Jonathan Judianto mengatakan pelaksanaan Pilkada yang aman, kondusif dan lancar adalah harga mati. Pelaksanaan Pemilukada di Kabupaten Sidoarjo selalu berjalan  aman, kondusif dan lancar. Untuk itu pada pelaksanaan Pemilukada tahun ini harus dipertahankan.


Kabupaten Sidoarjo tidak mengenal budaya rusuh, Sidoarjo tidak mengenal culture anarkis, ini yang harus kita pertahankan, pesannya.


Untuk itu ia berharap penyelenggara Pemilu dapat melaksanakan ikrar tersebut dengan sungguh-sungguh. Ia meminta ikrar tersebut harus dimaknai lebih dalam. Yakni penyelenggara Pemilu harus benar-benar netral dan profesional. Selain itu kepada Aparatur Sipil Negara (ASN), ia juga meminta untuk bersikap netral dan profesional dalam pelaksanaan Pemilu.


Tolong ikrar yang tadi di ucapkan itu benar-benar dilaksanakan secara konsekuen bahwa kita harus jujur, adil dan netral, ini harapan saya, ucapnya.


Dalam kesempatan tersebut ia juga meminta kepada penyelenggara Pemilu untuk benar-benar mengamankan kotak suara. Pj Bupati Sidoarjo mengatakan hari ini-Minggu-adalah hari terakhir proses pengirim logistik Pemilu oleh KPUD Sidoarjo ke kecamatan. Hari Senin dan Selasa, kotak suara tersebut akan didistribusikan ke tiap-tiap desa. Kemudian pada hari Rabu tanggal 9 Desember, kotak suara tersebut siap di bawa ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) di masing-masing desa.


Untuk itu ia meminta kepada penyelenggara Pemilu untuk terus menjaga sampai kotak suara tersebut berada di tiap-tiap TPS. Ia berpesan kepada Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) untuk melibatkan pihak kepolisian dalam pengiriman kotak suara. Ia meminta  betul kepada penyelenggara Pemilu tersebut untuk terus berkoordinasi dengan aparat  kepolisian demi menjaga hal-hal yang tidak diinginkan.


Jangan ada pergerakan kotak suara tanpa melibatkan aparat kepolisian, ini saya minta betul. Jadi kotak suara bergerak dari PPK ke PPS, PPS ke TPS harus berkoordinasi dengan kepolisian, tolong ini dipahami dan dilaksanakan, pesannya. (humas/git)