Kabupaten Sidoarjo
Sidoarjo Permai Bersih Hatinya
° C
5 Perempuan Sidoarjo di Anugerahi Citra Kartini 2013
Dilihat
522
Penulis:
2013-04-25 09:10:01




HUMASPROTOKOL,Sidoarjo.- Di Hari Kartini tahun ini, Pemerintah Kabupaten Sidoarjo menganugerahkan Citra Kartini 2013 kepada 5 perempuan Sidoarjo. Penganugerahan Citra Kartini 2013 tersebut diberikan dalam rangka memperingati  Hari Kartini yang diselenggarkan di Pendopo Delta Wibawa Kabupaten Sidoarjo, Kamis (25/4).

Atas partisipasi dan dedikasi yang tinggi kepada masyarakat, bangsa dan Negara serta keluarga tercinta yang terilhami dari inspirasi Kartini membawa perubahan bagi perempuan dalam membangun masa depan, penghargaan Anugerah Citra Kartini 2013 tersebut diberikan. Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah SH,M.Hum serta Wakil Bupati Sidoarjo H. MG Hadi Sutjipto SH, MM yang masing-masing didampingi istrinya menyerahkan penghargaan tersebut.

Penganugerahan Citra Kartini 2013 tersebut yang pertama diberikan kepada Ny. Rosy Utari Rahayu S.Pd. Perempuan kelahiran Jombang tersebut dinilai mempunyai kepedulian terhadap dunia pendidikan. Utamanya Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).

Dengan merelakan teras rumahnya yang berada di Perum Griya Asri Kalitengah 1D No. 10, Ny. Rosy Utari Rahayu memulai aktifitas dengan mengajar anak-anak disekitar lingkungannya secara percuma alias gratis. Dan seiring bertambahnya jumlah peserta didiknya, perempuan yang sempat menamatkan pendidikan terakhirnya di sarjana Pendidikan Anak Usia Dini IKIP PGRI tahun 2011 tersebut menambah jumlah pengasuh untuk membantu aktifitas belajar mengajar.

Dan pada tahun 2008, Dinas Pendidikan Kabupaten Sidoarjo menerbitkan surat ijin operasional PAUD SAKINAH yang dikelolanya. Tidak hanya siswa normal saja yang mendapat pengajaran di lembaganya. Siswa difabel atau berkebutuhan khusus juga di tampungnya. Sehingga Dinas Pendidikan Kabupaten Sidoarjo menerbitkan SK sebagai penyelenggara PAUD Inklusif.

Tidak hanya sampai disitu, Ny. Rosy Utari Rahayu juga mengembangkan pula pendidikan bagi warga sekitar dengan memberikan pengetahuan keterampilan. Keterampilan berupa sulam benang, sulam pita, rajutan dan berbagai keterampilan wanita diberikan dalam wadah lembaga pendidikan dan keterampilan yang bernama Rahayu Art dan Design .

Anugerah Citra Kartini 2013 ke dua diberikan kepada Ny. Dian Yulianti SH. Di usianya ke 47, perempuan tangguh tersebut telah mengeluti berbagai pekerjaan. Sehingga diusianya sekarang beliau telah menjadi Direktur CV. Tunggal Jaya Dinamika Makmur, komaditer CV. Tecnostarindo Konsultan Teknik Managemen sekaligus komisaris Utama PT. Tujadima Indonesia kontraktor migas.

Dalam kesehariannya, Ny. Dian Yulianti juga dinilai mempunyai kepedulian terhadap kesehatan. Yakni dengan mengolahragakan masyarakat dan memasyarakatkan olahraga. Hal tersebut sesuai dengan mottonya, yakni Gunakan kesempatan hidup lebih bermanfaat untuk keluarga, lingkungan dan masyarakat luas.

Perempuan tangguh selanjutnya di nobatkan kepada Ny. Lilik Maskuro. Ibu yang memiliki satu putri tersebut menyukai segala aktifitas untuk senantiasa berkiprah dan selalu terlibat dalamke4giatan kemasyarakatan baik sosial maupun keagamaan. Seperti pada awal tahun 1997, beliau menyediakan tempat tinggal untuk belajar mengaji sekaligus sebagai pengajar. Di lingkungannya, ia juga mendirikan TPA Al Muhajirin bersama takmir masjid. Perempuan kelahiran tahun 1969 tersebut juga aktif sebagai kader Posyandu.

Selanjutnya Ny. Siti Mirza Nurya, Spsi di tahbiskan sebagai perempuan tangguh ke empat yang menerima anugerah Citra Kartini 2013. Ibu dari 4 anak  tersebut mempunyai kemahiran dalam membuat aneka kerajinan dari barang yang dinilai tidak berguna. Mulai kerajinan enceng gondok dan kaleng bekas yang disulapnya menjadi box pensil, tempat stand HP, tempat aksesoris, pernak pernik maupun pemberat kertas.

Perempuan tangguh yang terakhir di sematkan kepada Ny. Dwi Ernie P. Sulaihan. Perempuan yang mempunyai usaha pengerajin cabut duri dan olahan ikan bandeng tersebut memulai usahanya hanya dengan modal Rp 750 ribu.

Dengan nama Usaha Kecil Menengah (UKM) UD. Hikmah Artha Makmur dengan brand bisnis  Maharani Crispy yang dijalankan di rumahnya. Ny. Dwi Ernie P. Sulaihan ingin berperan aktif dalam mengembangkan dunia usaha UKM sehingga akan dapat mengurangi pengangguran.

Mengawali sambutannya, Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah mengajak kepada seluruh pejabat beserta istri dan ibu-ibu yang hadir untuk menundukkan kepala, seraya berdoa untuk mengenang jasa-jasa ibu Kartini. Ia mengatakan bahwa ibu Kartini adalah seorang wanita yang hidup di abad 19 yang memperjuangkan kesamaan hak bagi kaum perempuan untuk mendapatkan pendidikan yang layak dan terlepas dari kungkungan adat istiadat pada masa jaman itu.

Semoga arwah ibu Kartini mendapatkan tempat yang layak disisi tuhan yang maha esa sesuai dengan amal perbuatannya, sampai Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah saat memulai d