Kabupaten Sidoarjo
Sidoarjo Permai Bersih Hatinya
° C
Kabupaten Sidoarjo Menggelar Festival Makanan 1.000 Hari Pertama Kehidupan
Dilihat
486
Penulis:
2015-12-04 01:40:17




HUMAS PROTOKOLSidoarjo.- Kuberikan yang Terbaik di Peride Emas Buah Hatiku merupakan tema yang pas digunakan untuk gelar Gebyar Gelar Festival Makanan  1000 hari pertama dalam kehidupan bayi, yang dilesenggarakan di Pendopo Delta Wibawa Kabupaten Sidoarjo, Rabu (2/12).

Festival ini di gelar dalam rangka memperingati hari Kesehatan Nasional, kerjasama BADUTA  bersama Pemerintah Kabupaten Sidoarjo, tujuan dari penyelenggaraan festival ini adalah  untuk meningkatkan kesadaran akan praktik gizi yang baik, terutama pengetahuan mengenai makananan tambahan yang tepat.  Hal ini dikarenakan hasil penelitian menunjukkan bahwa banyak ibu dan pengasuh  yang belum mendapatkan informasi mengenai pemberian makanan pada bayi dan anak yang sesuai dengan standart WHO/UNICEF.

Pada acara yang dibuka secara langsung oleh Penjabat (PJ) Bupati Kabupaten Sidoarjo Drs. Ec. H. Jonathan Judianto, M.MT yang didampingi oleh Ketua TP.PKK Kab.Sidoarjo Ana Jonathan disampaikan bahwa 1000 hari pertama merupakan momen terpenting untuk mencegah terjadinya stunting (anak pendek menurut usia). Pemberian makan yang optimal selama 1000 hari pertama kehidupan meliputi gizi yang baik selama kehamilan, inisiasi menyusu dini (IMD), ASI eksklusif selama enam bulan, melanjutkan ASI sampai anak berusia dua tahun atau lebih dan memberikan makanan pendamping asi yang layak sesuai usia anak.

Dalam sambutannya PJ. Bupati H. Jonathan Judianto, mengatakan kalau di Kabupaten Sidoarjo terdapat 40 tenaga kesehatan yang telah mengikuti pelatihan pemberian makanan bayi dan anak.

ASI merupakan gizi yang terbaik untuk anak, dan tidak bisa dibandingkan dengan susu formula, ASI tetap yang terbaik hal ini di tekankan oleh PJ Bupati Sidoarjo H. Jonathan Judianto.

Hingga tahun 2015, kurang lebih 200 orang tenaga kesehatan di Sidoarjo telah mendapatkan pelatihan konselor lakstasi 40 jam yang sesuai dengan standart WHO/UNICEF. Hal ini bertujuan untuk membantu meningkatkan akses ke pelayanan kesehatan dan gizi yang berkualitas untuk meningkatkan gizi ibu hamil serta praktik pemberian makan bayi dan anak (usia 0-24).

Selain mengadakan gebyar festival makanan 1000 hari kehidupan, BADUTA mengajak berbagai lapisan masyarakat untuk berpartisipasi melaui berbagai aktivitas seperti Lomba membuat poster 1000 HPK (hari pertama kehidupan) untuk tingkat SMA, Lomba menu Baduta dan Yel-yel HPK bagi para ibu, kader dan PKM, serta lomba Booth bagi PKM dan Rumah sakit dan pada di hari itu secara langsung Ketua TP. PKK Kabupaten Sidoarjo menyerahkan hadiah kepada pemenang.

Dan setelah membuka acara secara simbolis dengan didampingi PJ. Bupati Sidoarjo, Ketua TP. PKK Kabupaten Sidoarjo Ana Jonathan secara simbolis menggunting rangkaian melati sebagai tanda dibukanya acara, kemudian melakukan kunjungan ke stand-stand peserta booth bagi PKM dan Rumah Sakit.(humas/yayuk)