Kabupaten Sidoarjo
Sidoarjo Permai Bersih Hatinya
° C
Wabup Tutup Diklat Peningkatan Kapasitas Sekdes
Dilihat
493
Penulis:
2013-04-19 09:10:01




HUMASPROTOKOL,Sidoarjo.- Selama empat hari, 173 Sekertaris Desa (Sekdes) di Kabupaten Sidoarjo mengikuti Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) di Yon Arhanudse-8 Sidoarjo. Kemarin, Kamis, (18/4) para Sekdes yang telah diangkat menjadi PNS tersebut menyelesaikan Diklat nya yang telah dimulainya tanggal 15 April lalu.

Wakil Bupati Sidoarjo H. MG Hadi Sutjipto SH,MM hadir untuk menutup Diklat yang di selenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Sidoarjo tersebut. Dalam sambutan penutupannya, ia berpesan untuk menerapkan apa yang sudah didapat dari Diklat kali ini.

Seperti penerapan pola pikir kearah yang lebih baik lewat materi mainset dan karakter yang diberikan oleh instruktur dari kesatuan Yon Arhanudse-8, pesan H. MG Hadi Sutjipto. Begitu juga lewat materi bela negara yang disampaikan Diklat kali ini. Wakil Bupati Sidoarjo yang akrab dipanggil Pak Cip  tersebut meminta kepada para Sekdes untuk menghayatinya agar memiliki jiwa nasionalisme yang tinggi terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Selain itu materi tata karma dan etika yang juga diberikan untuk dapat diserap dan di terapkan dalam melayani masyarakat. Tidak ketinggalan materi tentang PBB (Peraturan Baris Berbaris) untuk dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Karena materi PBB adalah ujar H. MG Hadi Sutjipto adalah salah satu dasar pembinaan disiplin melalui latihan-latihan. Seperti pembentukan sikap disiplin, membina kebersamaan serta membina kesetiakawanan.

Selain itu dalam sambutannya, Wakil Bupati Sidoarjo H. MG Hadi Sutjipto juga berpesan agar dalam menjalankan tugas sebagai Sekdes untuk dapat membangun kebersamaan dengan semua pihak dengan baik. Termasuk dengan masyarakat.

Sebelum melepas  para Sekdes yang telah mendapat binaan di kesatuannya, Kapten Arh. Jamal Dani Arifin menyampaikan pesan Komandan Batalyon Arhanudse-8, Mayor Arh. Budi Laksana. Selaku Komando Baterai Meriam Q, ia menyampaikan bahwa kegiatan pelatihan yang telah dilaksanakan untuk jadikan sebagai bekal dalam menunjang pelaksanaan tugas nantinya. Sehingga  nantinya dapat dijadikan acuan  untuk tidak ragu-ragu dalam bersikap, bertindak dan berbuat dilapangan dalam menjalankan tugas kepemerintahan desa.

Ia berharap kepada para Sekdes yang telah mendapatkan pelatihan untuk tidak menganggap pelatihan tersebut sebagai ajang penyiksaan. Namun ia berharap untuk mengambil semua hikmah dari semua kegiatan tersebut.

Hikmah tersebut tidak lain ungkap Kapten Arh. Jamal Dani Arifin adalah sebagai pembentukkan karakter yang diharapkan bisa menumbuhkan semangat, jiwa korsa, kerjasama, sertas loyalitas. Sehingga nantinya dapat menjadi Sekdes-sekdes yang berkualitas yang diingkan oleh pemerintah dan masyarakat, sampainya.

Ia juga berpesan, dalam menjalankan roda kepemerintahan desa untuk menunjukkan sikap yang positif. Hindari sifat arogansi atau semena-mana. Karena Sekdes adalah aparat pemerintah yang dijadikan contoh dan panutan. Baik dari sikap, disiplin, kepribadian dan intelektual.

Kami beserta seluruh keluarga Batalyon Arhanudse-8 berharap kepada saudara-saudara (Para Sekdes) yang didapatkan di kesatuan ini dapat dijadikan bekal dalam pelaksanaan tugas saudara kedepannya, pesannya. (humas/git)