Kabupaten Sidoarjo
Sidoarjo Permai Bersih Hatinya
° C
Pemerintah Kabupaten Sidoarjo Bentuk FKDM Tingkat Kecamatan
Dilihat
1707
Penulis:
2015-11-18 03:47:31




HUMAS PROTOKOLSidoarjo.- Guna mendeteksi perpecahan secara dini yang ada ditengah masyarakat Pemerintah Kabupaten Sidoarjo Bentuk Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM)  Tingkat Kecamatan.Melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Sidoarjo, FKDM Tingkat Kecamatan se Kabupaten Sidoarjo tersebut dibentuk. Forum yang beranggotakan lima orang di tiap kecamatan tersebut kemarin, Selasa (17/11) dikukuhkan Pj. Bupati Sidoarjo Drs. Ec. H. Jonathan Judianto, M.MT di Pendopo Delta Wibawa Sidoarjo.


Pj. Bupati Sidoarjo H. Jonathan Judianto mengatakan sinergitas masyarakat dengan pemerintah dalam rangka membangun dan memelihara bangsa dan negara, yang bersifat musyawarah, kemasyarakatan, kemanusiaan, konsultatif dan informatif serta independent mutlak diperlukan. FKDM dibentuk salah satunya bertujuan untuk itu. Kedepan ia berharap FKMD akan dapat mendeteksi bibit-bibit perpecahan secara dini ditengah masyarakat. Bila itu terjadi  diharapkan forum tersebut dapat melaporkannya kepada Badan Kesatuan Bangsa dan Politik.


Untuk itu Pj. Bupati Sidoarjo berharap pengurus FKDM memiliki kemampuan mengidentifikasi masalah, memilah masalah dan menentukan masalah apa yang harus dikoordinasikan guna mendapatkan solusinya. Keberadaan FKDM diharapkan mampu mengantisipasi sedini mungkin dan menjalin silaturahmi secara rutin baik antara anggota maupun dengan lingkungan masyarakat.Hal itu diperlukan karena  pengurus FKDM adalah orang yang terpilih dan memiliki kemampuan lebih. Apalagi Pemda Sidoarjo mengalokasikan anggaran sebanyak Rp. 47 juta per kecamatan untuk Forum ini.


Saya juga berharap FKDM dapat menyatukan persepsi, dalam memetakan masalah, mengantisipasi masalah bangsa, mencari solusi, mensatupahamkan dalam rangka menyikapi masalah dan dinamika yang ada di masyarakat, harap Pj. Bupati Sidoarjo Drs. Ec. H. Jonathan Judianto.


Dalam kesempatan tersebut Pj. Bupati Sidoarjo juga menghimbau kepada para camat untuk memfasilitasi berupa tempat untuk segala aktivitas FKDM. Pasalnya FKDM merupakan mitra dari kecamatan masing-masing.


Artinya segala perkembangan yang terjadi di masyarakat bisa terdeteksi dengan baik dengan adanya Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat Tingkat Kecamatan, ujarnya.


Kepala Bakesbangpol Kabupaten Sidoarjo Yusuf Isnayanto mengatakan FKDM merupakan perwujudan dari rasa persatuan dan kesatuan antar unsur lapisan masyarakat. Forum tersebut  bertugas menjaring, menampung, mengkoordinasikan dan mengkomunikasikan data maupun informasi dari masyarakat mengenai potensi ancaman, keamanan, gejala atau peristiwa bencana dalam rangka upaya pencegahan dan penanggulangan secara dini. Untuk itu ditunjuk lima perwakilan dari setiap kecamatan yang ada di Kabupaten Sidoarjo sebagai anggota FKMD agar komunikasi antar kecamatan dapat berjalan dengan baik. (humas/yayuk/git)