Kabupaten Sidoarjo
Sidoarjo Permai Bersih Hatinya
° C
Ketua TP-PKK Kabupaten Sidoarjo Pantau Taman Posyandu di Sidoarjo
Dilihat
401
Penulis:
2015-11-18 03:46:05




HUMASPROTOKOLSidoarjo.- Ketua TP-PKK Kabupaten Sidoarjo Dra. Anna Jonathan Judianto kunjungi Taman Posyandu Villa Jasmine 3 Desa Suko Kecamatan Sidoarjo, tadi pagi, Selasa,(17/11). Kedatangannya beserta anggota TP-PKK Kabupaten Sidoarjo untuk melihat lebih dekat kegiatan Taman Posyandu di perumahan Villa Jasmine tersebut.


Ia mengaku bangga dengan keberadaan Taman Posyandu Villa Jasmine 3 tersebut. Meski belum memiliki tempat mengajar yang tetap, tetapi para bunda PAUD tetap semangat dalam mengajar.


Dalam kesempatan tersebut ia mengucapkan terimakasihnya kepada semua pihak yang ikut terlibat dalam Taman Posyandu Villa Jasmine 3. Keberadaan Taman Posyandu sangat penting bagi pendidikan anak usia dini.


Saya apresiasi sekali dengan bapak kepala desa yang konsisten untuk memperhatikan warganya melalui pendidikan, sampainya


Ia mengatakan anak merupakan generasi penerus bangsa. Untuk itu mulai sejak dini, pendidikan yang baik harus di berikan kepada anak. Hal tersebut tidak lain bertujuan untuk mencetak generasi penerus bangsa yang baik.


Anak sebagai aset bangsa harus didik dengan pendidikan yang baik mulai sejak dini, ujarnya.


Kepala Desa Suko Sabari mengaku senang dengan kedatangan Ketua TP-PKK Kabupaten Sidoarjo. Kunjungan tersebut sebagai motivasi bagi pengurus Taman Posyandu Villa Jasmine 3. Ia mengatakan saat ini Taman Posyandu Villa Jasmine 3 saat ini belum memiliki tempat yang tetap. Tetapi nantinya akan ditempatkan di Fasum milik perumahan Villa Jasmine 3. Di Fasum tersebut sudah dilakukan pembangunan bagi Taman Posyandu. Hanya saja bangunannya belum selesai. Dan ia berharap pembangunan Taman Posyandu Villa Jasmine 3 dapat segera selesai agar tidak berpindah-pindah lagi.


KETUA TP-PKK KABUPATEN SIDOARJO BUKA SOSIALISASI GN-AKSA


Usai mengunjungi Taman Posyandu Villa Jasmine 3 Desa Suko Kecamatan Sidoarjo, Ketua TP-PKK Kabupaten Sidoarjo Dra. Anna Jonathan Judianto membuka Sosialisasi Gerakan Nasional Anti Kejahatan Seksual Terhadap Anak(GN-AKSA) di Kecamatan Tanggulangin. Dalam sambutannya ia mengatakan bahwa anak adalah amanah dan karunia dari Allah SWT yang harus di jaga dan dilindungi. Orang tua bertanggung jawab untuk merawat serta melindungi anaknya. untuk itu konsep pangasuhan yang baik dalam mendampingi serta membimbing harus dilakukan orang tua. Agar anak dapat tumbuh dengan baik untuk menciptakan generasi yang baik pula.


Ketua TP-PKK Kabupaten Sidoarjo mengatakan anak sangat rentang terhadap kekerasan. Kekerasan terhadap anak bisa terjadi dimana saja dan dapat dilakukan oleh siapa saja. Bahkan tindak kekerasan terhadap anak bisa dilakukan oleh orang terdekatnya. Saat ini kasus kekerasan yang terjadi terhadap anak adalah kasus kejahatan seksual.


Dra. Anna Jonathan Judianto mengatakan kasus kejahatan seksual jarang sekali terdeteksi. Pasalnya kasus seperti ini dianggap aib oleh orang tua sehingga jarang ada laporan. Ia tidak berharap kasus kejahatan seksual terhadap anak terjadi.  Namun bila ada anak yang mengalami kejahatan seksual, orang tua korban diharapkan segera melaporkannya. Bila mengetahui kekerasan terhadap anak disekitarnya, masyarakat diharap dapat melaporkannya ke UPTD Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A) atau ke Polres maupun Polsek.


Masih dikatakan Ketua TP-PKK Kabupaten Sidoarjo bahwa kejahatan seksual terhadap anak berdampak buruk  terhadap perkembangan anak. Gangguan depresi, stres serta trauma dan gelisah  bahkan cidera adalah dampak dari kejahatan seksual terhadap anak yang terjadi. Bahkan ia katakan ada kecenderungan korban kejahatan seksual akan melakukan hal yang sama saat dewasa nantinya.


Mari kita cegah tindakan-tindakan yang negatif dan tidak terpuji dan tindakan yang tidak benar kepada anak, ajaknya. (humas/git)