Kabupaten Sidoarjo
Sidoarjo Permai Bersih Hatinya
° C
Pemkab Sidoarjo Sosialisasikan Sistem Informasi Rencana Umum Pengadaan
Dilihat
382
Penulis:
2015-11-16 03:24:55




HUMASPROTOKOLSidoarjo.Sistem Informasi Rencana Umum Pengadaan (SIRUP) disosialisasikan Pemerintah Kabupaten Sidoarjo kepada Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Sidoarjo, BUMD Sidoarjo serta RSUD Sidoarjo dan KPUD Sidoarjo, Senin (16/11). Kurang lebih 200 peserta ikuti sosialisasi tersebut. Sosialisasi yang diselenggarakan gedung Delta Graha Setda Kabupaten Sidoarjo tersebut dibuka oleh Penjabat (PJ) Bupati Sidoarjo Drs. Ec. H. Jonathan Judianto, M.MT.


PJ Bupati Sidoarjo H. Jonathan Judianto mengatakan pengadaan barang/jasa pemerintah mulai lebih ditata. Hal tersebut sehubungan dengan disahkannya Peraturan Presiden No. 70 Tahun 2012 Tentang perubahan kedua atas Peraturan Presiden No. 54 Tahun 2010 Tentang Pengadaan barang/jasa pemerintah. Dalam Perpres tersebut terdapat pasal 25 ayat 1a yang mengamanatkan bahwa pengguna anggaran pada pemerintah daerah mengumumkan Rencana Umum Pengadaan barang/jasa secara terbuka kepada masyarakat luas, setelah APBD dibahas dan disetujui bersama oleh Pemerintah Daerah dan DPRD.


Oleh karena itu ia meminta setiap SKPD yang ada untuk segera mengumumkan kegiatannya melalui SIRUP setelah APBD Kabupaten Sidoarjo telah disahkan. Ia perkirakan pada akhir bulan November nanti, APBD Kabupaten Sidoarjo sudah disahkan. Untuk itu pada bulan Desember nanti, kegiatan  pengadaan barang/jasa dari tiap SKPD sudah dapat diumumkan di website resmi SKPD terkait.


Pada akhir Desember harusnya diumumkan, pada awal Januari, masing-masing SKPD sudah mengumumkan di websitenya rencana kegiatan dari Januari sampai Desember, ucapnya.


Dalam kesempatan tersebut PJ Bupati Sidoarjo H. Jonathan Judianto juga menyampaikan bahwa tahun ini ada 4.630 penyedia barang/jasa di Kabupaten Sidoarjo. Sedangkan jumlah paket kegiatannya ada sebanyak 6.514 paket. Paket kegiatan tersebut terdiri dari 4.630 paket kegiatan yang dilaksanakan oleh penyedia barang/jasa dan 1.884 paket yang dilaksanakan oleh swakelola.  Pelaksanaan kegiatan itu sendiri mencapai total Rp. 1,5 triliun.


Sementara itu Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kabupaten Sidoarjo Ir. Handayani, MM mengatakan kegiatan tersebut diselenggarakan sebagai tindak lanjut dari surat edaran kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) tentang kewajiban mengumumkan Rencana Umum Pengadaan Barang/Jasa (RUP)  tahun anggaran 2015 dengan menggunakan SIRUP. Ia mengatakan pengumuman RUP merupakan salah satu upaya untuk menciptakan pasar pengadaan barang/jasa pemerintah yang kompetitif dan transparan. Dengan diumumkannya RUP melalui SIRUP, kementerian, lembaga maupum pemerintah daerah dan institusi diwajibkan melakukan lelang secara elektronik (e-tendering) menggunakan Sistim Pengadaaan Secara Elektronik (SPSE). (humas/git)