Kabupaten Sidoarjo
Sidoarjo Permai Bersih Hatinya
° C
Pemkab Sidoarjo Gelar Pasar Rakyat Sidoarjo
Dilihat
599
Penulis:
2015-10-31 04:42:56




HUMASPROTOKOLSidoarjo.- Produk-produk UMKM Sidoarjo dapat dibeli di Alun-alun Sidoarjo. Hal tersebut menyusul dibukanya gebyar produk UMKM yang dikemas dalam Pasar Rakyat Sidoarjo. Tadi malam, Jum’at (30/10) Pasar Rakyat Sidoarjo yang akan digelar selama tiga hari (30 Oktober-1 November 2015) tersebut dibuka oleh Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf.


Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf mengatakan keberadaan UMKM sangat penting bagi perekonomian Indonesia. UMKM menjadi salah satu penopang perekonomian Indonesia. Ia mengatakan saat krisis ekonomi terjadi, salah satu penyelamatnya adalah sektor UMKM. Untuk itu pemerintah pusat maupun daerah selalu mendukung keberadaan UMKM. Seperti kegiatan Pasar Rakyat Sidoarjo yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Sidoarjo bersama Provinsi Jawa Timur kali ini.


Indonesia maju, Jawa Timur maju, Kabupaten Sidoarjo maju karena ada UMKM, ujarnya.


Sementara itu Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah SH,M.Hum yang hadir bersama Wakil Bupati Sidoarjo H. MG Hadi Sutjipto SH,MM mengatakan Pemerintah Kabupaten Sidoarjo berkomitmen mendukung tumbuh kembangnya UMKM. Hal tersebut tampak pada intervensi program pemerintah dalam pembinaan SDM serta kualitas produk sekaligus pemasarannya. Namun semua itu butuh dukungan dari semua pihak khususnya pelaku UMKM itu sendiri.Tanpa dukungan tersebut program-program pemerintah dalam memajukan UMKM di Sidoarjo tidak akan dapat berjalan.


Untuk itu ia meminta kepada semua pihak khususnya pelaku usaha untuk ikut berpartisipasi aktif dalam mamacu perkembangan UMKM. Pelaku UMKM diharapkan dapat meningkatkan kreatifitas serta inovasinya untuk mempersiapkan diri dalam era perdagangan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA).


Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah mengatakan diberlakukannya MEA merupakan tantangan sekaligus peluang bagi pelaku usaha. Salah satu kunci keberhasilan pelaku UMKM dalam memanfaatkan MEA tahun depan adalah dengan meningkatkan daya saing yang dimilikinya.


Untuk mendorong daya saing tersebut salah satunya adalah dengan menggelar produk-produk semacam ini. Dengan even tersebut produk-produk UMKM dari Kabupaten Sidoarjo maupun kabupaten/kota lainnya yang ada di Jawa Timur dapat dinikmati.


Pasar rakyat dan gebyar produk UMKM Sidoarjo merupakan suatu bentuk kerjasama yang positif antara pemerintah dengan dunia usaha dan masyarakat, ujarnya . (humas/git)