Kabupaten Sidoarjo
Sidoarjo Permai Bersih Hatinya
° C
Pemkab Sidoarjo Diklat Palajar Menjadi Wartawan
Dilihat
512
Penulis:
2015-10-22 02:31:22




HUMASPROTOKOLSidoarjo. – Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Junalistik kepada pelajar Sidoarjo digelar Pemerintah Kabupaten Sidoarjo melalui Bagian Humas dan Protokol Sidoarjo, Kamis, (22/10). 100 pelajar SMA/MA serta SMK negeri maupun swasta dari berbagai sekolah menjadi pesertanya. Asisten Administrasi Umum Setda Kabupaten Sidoarjo Kissowo Sidi H.P.,SH,MH membuka kegiatan yang di gelar di Aula Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Sidoarjo tersebut.


Dalam kegiatan tersebut tiga narasumber dihadirkan. Diantaranya Dosen STIKOSA-AWS Surabaya Drs. Zainal Arifin, Emka, M.Si, serta wartawan harian Bhirawa Achmad Suprayogi dan Wartawan televisi swasta Indosiar Hidayat Surya Abadi.


Asisten Administrasi Umum Kissowo Sidi menyambut baik terselenggaranya kegiatan Diklat Jurnalistik bagi para pelajar. Kegiatan tersebut dapat memberikan kesempatan pelajar dalam mengembangkan potensinya dibidang jurnalistik, terutama jurnalistik media massa. Ia mengatakan media massa memiliki peran strategis dalam pembangunan. Yakni sebagai agen perubahan yang bertujuan untuk mencerdaskan masyarakat dengan mamuat berita-berita yang berimbang.


Kissowo Sidi mengatakan dunia jurnalistik banyak memberikan kontribusi bagi perkembangan media massa. Berkat jurnalistik mampu mendorong kemajuan teknologi. Dunia jurnalistik juga banyak memberikan manfaat terutama untuk pengembangan skill, ujarnya.


Oleh karena itu lanjut Kissowo Sidi,  dunia jurnalistik perlu dikenalkan sejak dini. Para pelajar perlu dikenalkan dan belajar tentang jurnalistik. Pasalnya pelajar sebagai bagian dari kelompok terdidik harus memiliki kemampuan dalam mengembangkan potensinya. Salah satunya adalah dibidang tulis menulis.


Dan jurnalistik ini merupakan bagian dari bidang tulis menulis, ungkapnya.


Dalam kesempatan tersebut Asisten Administrasi Umum Kissowo Sidi berharap peserta Diklat dapat memahami prinsip-prinsip dasar jurnalistik melalui ilmu yang diperoleh. Ia juga berharap nantinya para pelajar dapat berkontribusi di sekolah masing-masing dalam kerja-kerja jurnalistik.


Sementara itu Kepala Bagian Humas dan Protokol Setda Kabupaten Sidoarjo Machmudi Alie, SH mengatakan kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan wawasan dan ketrampilan pelajar dalam bidang jurnalistik. Dalam Diklat tersebut diajarkan bagaimana cara meliput dan menulis berita yang baik.


Untuk itu ia berharap Diklat Jurnalistik kali ini dapat sebagai wadah peningkatan wawasan dan pengetahuan para pelajar mengenai dunia pers dan jurnalistik. Selain itu Machmudi Alie berharap nantinya para peserta dapat memahami bagaimana menjalani profesi jurnalistik yang profesional. (humas/git)