Kabupaten Sidoarjo
Sidoarjo Permai Bersih Hatinya
° C
Kabupaten sidoarjo Kembali memberikan Reward Kepada Wajib Pajak yang Taat Pajak
Dilihat
409
Penulis:
2015-10-09 09:36:41




HUMAS PROTOKOLSidoarjo - Bulan panutan membayar Pajak Bumi Bangunan (PBB)-P2  bagi PNS dan Perusahaan (badan) jatuh pada hari ini, Rabu, 7 Oktober 2015 bertempat di Pendopo Kabupaten Sidoarjo. Pemungutan PBB-P2 yang diserahkan kepada pemerintah daerah telah memberikan kontribusi terhadap penerimaan Pendapatan Asli Daerah (PAD) sebagai salah satu sumber pembiayaan penyelenggaraan pemerintah dan pembangunan daerah. Selama empat tahun pemerintah daerah melaksanakan  pengelolaannya sejak tahun 2012 dan selama rentang waktu tersebut telah berjalan dengan baik.


Kepala DPPKA Joko Sartono menyampaikan  kontribusi PBB-P2 sebagai pajak daerah tahun 2012 telah mampu memberikan kontribusi lebih dari Rp. 111 Miliar. Pada tahun 2013 sebesar Rp. 147 Miliar  lebih dan pada tahun 2014 sebesar Rp. 153 Miliar. Sedangkan untuk tahun 2015 ditargetkan sebesar Rp. 153 Miliar. Dan ia berharap kedepan dalam pengelolaan PBB-P2 ditahun berikutnya kinerja pengelolaan PBB-P2 bisa terus ditingkatkan kualitasnya. Dan sebagai salah satu upaya pengamanan penerimaan PBB-P2 adalah dengan adanya keterlibatan langsung aparatur pemerintah dan para pemilik perusahaan di Kabupaten Sidoarjo.


Dalam Kesempatan itu Bupati Sidoarjo Saiful Ilah, SH.Mhum yang didampingi oleh Wakil Bupati Sidoarjo H. MG Hadi Sutjipto SH,MM, Sekretaris Daerah H. Vino Rudy Muntiawan SH serta Dandim 0816 Sidoarjo Letkol Kav Rizeki Indra Wijaya hadir membuka acara tersebut. Selain itu bupati Sidoarjo juga memberikan reward kepada beberapa pemenang bagi Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD)/ Badan dan juga perusahaan, yang pegawainya lunas membayar PBB.  Diantaranya di tingkat Badan/Dinas/Kantor/sekretariat dimenangkan oleh Dinas Perhubungan Kabupaten Sidoarjo, serta bagi kecamatan dimenangkan oleh Kecamatan Sedati. Tak ketinggalan pula dari tingkat puskesmas yg dimenangkan oleh UPT Puskesma Prambon serta kategori sekolah dimenangkan oleh SMP Negeri 1 Sukodono untuk tingkat SMP dan SMAN 2 Sidoarjo untuk tingkat SMA yang juga masuk dalam katagori penilaian. Untuk katagori perusahaan yang telah menyetorkan pajak Rp. 50 juta keatas ada 35 perusahaan yang menerima reward dari Pemerintah Daerah.


Sementara itu dalam sambutannya Bupati Sidoarjo Saiful Ilah. mengatakan bahwa setiap warga negara, khususnya wajib pajak dan pihak yang berhubungan dengan pajak, harus memahami  apa yang menjadi hak dan kewajibannya dalam bidang perpajakan, tanpa terkecuali semua Pegawai Negeri Sipil dan para Pengusaha di Kabupaten Sidoarjo. Kepedulian Pegawai Negeri Sipil sebagai aparatur pemerintah sangat diharapkan meskipun Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan Perkotaan bukan merupakan sumber penerimaan utama dalam struktur anggaran, tetapi PBB-P2 mempunyai makna yang sangat besar sebagai wujud peran serta masyarakat dalam pembangunan.


Pada kesempatan yang baik ini, saya  mengucapkan terima kasih yang sebesar – besarnya, dan apresiasi yang tinggi kepada saudara sekalian yang telah melunasi PBB-P2 sebelum jatuh tempo, dan telah memberi kontribusi positif dalam pembangunan, sehingga bisa menunjukkan kinerja yang terbaik. Mudah – mudahan pemberian penghargaan ini bisa menjadi motivasi bagi kita semua dalam peningkatan membayar pajak kata Saiful Ilah Bupati Sidoarjo.


Dan diakhir acara masih terlihat antusias undangan yang mengikuti acara sampai selesai karena di akhir acara dilakukan mengundian doorprice bagi para undangan yang hadir. (humas/yuk)