Kabupaten Sidoarjo
Sidoarjo Permai Bersih Hatinya
° C
BKT Sidoarjo Turunkan Angka Pengangguran
Dilihat
1368
Penulis:
2015-10-08 03:18:45




HUMAS PROTOKOL, Sidoarjo – Sidoarjo yang terkenal sebagai kota urban yang berkembang pesat, secara tidak langsung memiliki permasalahan yang serius terhadap timbulnya angka pengangguran. Dan pengangguran ini menjadi permasalahan yang terus berlanjut dan harus dicarikan solusi untuk  menanggulanginya.

            Berdasarkan data dari BPS, angka pengangguran di Kabupaten Sidoarjo dari tahun ke tahun terus mengalami penurunan, mulai tahun 2013 jumlah angka pengangguran sebanyak 47.820 orang, dan tahun 2014 sebanyak 41.465 orang.

            Penurunan jumlah angka pengangguran ini tidak lepas dari peran dan kerjasama yang baik antara Pemerintah Daerah dengan pihak perusahaan – perusahaan yang ada di Kabupaten Sidoarjo salah satunya adalah dengan membuka kesempatan kerja melalui Bursa Kerja, seperti yang dilaksanakan pada hari ini (8/10) di Lapangan Tennis GOR Sidoarjo.

            Mengawali Pembukaan acara Sekretaris Kepala Disosnakertrans Kabupaten Sidoarjo, Arief Makin, SH, menyampaikan laporannya  bahwa untuk tahun 2015 ini Kabupaten Sidoarjo melaksanakan Bursa Kerja Terbuka (BKT) 2 kali, yang pertama dilaksanakan pada bulan Mei  dan yang kedua di bulan Oktober ini.

BKT kali ini, diikuti lebih kurang oleh 50 perusahaan yang ada di Kabupaten Sidoarjo, dengan membuka 8000 lowongan kerja. Peminat atau pelamar BKT yang telah terdaftar lebih kurang 6000 calon pencari kerja.

Lebih lanjut Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah, SH, M.HUM yang membuka secara langsung BKT ini dengan didampingi oleh Wakil Bupati Sidoarjo H. MG. Hadi Sutjipto, SH, MM, Kapolres dan Kajati Sidoarjo, menyambut baik pelaksanaan BKT ini.

Melalui BKT ini, dapat mengurangi angka pengangguran cukup signifikan, dimana angka pengangguran di Kabupaten Sidoarjo terus mengalami penurunan dari tahun – ke tahun, termasuk juga angka kemiskinan.

Data terakhir yang saya dapat dari BPS, menyatakan bahwa angka pengangguran di Kabupaten Siodarjo saat ini tinggal 41 persen, jelas abah Ipul (panggilan akrab Bupati Sidoarjo).

Masih menurut Abah Ipul, Pelaksanaan BKT yang mempertemukan langsung  pencari kerja dan perusahaan – perusahaan pengguna tenaga kerja, diharapkan mampu menyerap tenaga kerja sebanyak – banyaknya, sehingga dapat menekan angka pengangguran daerah. (Humas/en)