Kabupaten Sidoarjo
Sidoarjo Permai Bersih Hatinya
° C
Ribuan Pelajar Lakukan Istiqosah Jelang UNAS 2013
Dilihat
482
Penulis:
2013-04-11 09:10:01




HUMASPROTOKOL,Sidoarjo.- Ribuan siswa-siswi SMP dan SMA sederajat bermunajat, berdoa meminta kelulusan dalam UNAS (Ujian Nasional) 2013 tahun ini. Tiga lantai Masjid Agung Sidoarjo dipenuhi pelajar dalam istiqosah yang dipimpin oleh Ketua Dewan Syuriah PC NU Sidoarjo KH Rofiq Sirodj, Kamis (11/4).

Bupati Sidoarjo H.Saiful Ilah SH.MHum hadir dalam istiqosah menjelang pelaksanaan UNAS 2013 yang akan dimulai tanggal 15 April untuk SMA sederajat, 22 April untuk SMP sederajat dan 6 Mei 2013 untuk tingkat SD. Bupati Sidoarjo H.Saiful Ilah mengatakan bahwa kegiatan istiqosah dan doa bersama yang rutin dilakukan menjelang pelaksanaan UNAS adalah upaya untuk berikhtiar bersama serta untuk memotivasi diri agar sukses dalam pelaksanaan UNAS tahun ini.

Ia mengatakan bahwa belajar dan bekerja harus tetap disertai dengan doa. Hal tersebut merupakan bagian dari ikhtiar kita sebagai makhluk Allah SWT agar harapan kita dapat tercapai.

Akan tetapi lanjut Bupati Sidoarjo H.Saiful Ilah bahwa manusia hanya berusaha, namun Allah SWT yang menentukan berhasil atau tidaknya segala upaya yang kita lakukan. Untuk itu sebagai manusia kita wajib berusaha dan tawakkal atas segala hasil yang akan kita terima, pesan Bupati Sidoarjo H.Saiful Ilah kepada ribuan pelajar se Kabupaten Sidoarjo.

Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan Sidoarjo Ir. Agoes Boedi Thahjono yang hadir mengatakan bahwa istiqosah tersebut digelar sebagai salah satu bentuk persiapan pelajar menghadapi UNAS tahun ini. Tidak hanya persiapan secara akademik yang dilakukan oleh para pelajar, istiqosah kali ini ujar Agoes, bertujuan untuk mempersiapkan mental pelajar dalam menghadapi UNAS tahun ini.

Ia berharap lewat istiqosah dan doa bersama tersebut motivasi siswa-siswi dapat tumbuh dan yang lebih penting lagi kepercayaan diri semakin tinggi.

Mudah-mudahan doa semua anak ini di terima oleh Allah SWT dan dimudahkan dalam pengerjaan UNAS. Dan yang lebih penting lagi, tidak hanya lulus 100% dan sukses pelaksanaannya tetapi juga anak-anak mendapatkan ilmu yang bermanfaat sesuai pesan dari Gus Rofiq, sampainya.

Pada UNAS tahun lalu ungkap Agoes, tingkat kelulusan yang dicapai untuk tingkat SD dan SMA sederajat mencapai 100%, hanya saja untuk jenjang SMP tingkat kelulusan yang dicapai sebesar 99.97%.

Agoes juga mengungkapkan bahwa pelaksanaan UNAS tahun ini diikuti oleh 86.238 peserta. Mulai dari SD/MI sampai paket A, SMP/MTS maupun paket B serta SMA/MA dan SMK maupun paket C. Dengan pengawas yang terlibat dalam UNAS tahun ini kurang lebih 2 ribu orang.

Agoes juga mengatakan bahwa dalam pelaksanaan UNAS tahun ini Dinas Pendidikan Kabupaten Sidoarjo telah mempersiapkan panitianya. Mulai dari paniti rayon, sub rayon, maupun panitia di satuan pendidikan. Begitu juga dengan prosedur operasional standar (POS) UNAS 2013 yang sudah ia sosiaslisasikan.

Insyaalloh secara administratif dan teknis kita siap, tinggal kita menunggu nanti pendistribusian  bahan soal yang Insyaalloh hari Minggu, ujarnya. (humas/git)