Kabupaten Sidoarjo
Sidoarjo Permai Bersih Hatinya
° C
Kontes Ternak dan Festival Hewan Qurban Kembali Digelar Kabupaten Sidoarjo
Dilihat
987
Penulis:
2015-09-16 04:02:30




HUMAS PROTOKOL, SIDOARJO-Sebagai agenda rutin yang dilaksanakan setiap tahunnya guna menyongsong datangnya hari raya Idul Adha 1436 H Dinas Peternakan Kabupaten Sidoarjo menggelar Kontes Ternak dan Festival Ternak Qurban yang  diselenggarakan di Kecamatan Krian, Selasa 15/09/2015.

Kepala Dinas Pertanian Perkebunan dan perternakan kabupaten Sidoarjo Ir. Anik Pudji Astutik,MM menyampaikan bahwa tujuan terselenggaranya acara ini adalah untuk meningkatkan dan kemandirian peternak sebagai pelaku usaha agro bisnis peternakan dalam mengembangkan perekonomian masyarakat, memberikan motivasi peternak agar memperoleh mutu baik dan sehat, serta mendorong minat masyarakat untuk berinvestasi bidang peternakan dan kesehatan hewan.

Sebanyak 59 peternak dengan jumlah sapi sebanyak 21 ekor dan 38 ekor kambing dari 18 kecamatan di Kabupaten Sidoarjo mengikuti kontes ini dengan kriteria Penilaian lomba hewan ternak ini dibagi menjadi 9 kategori pada jenis hewan ternak yang ada. Masing-masing adalah jenis hewan ternak lokal, persilangan dan impor.

Namun pada kontes ini ada yang berbeda dengan acara sebelumnya karena pada kesempatan ini pula Bupati Sidoarjo Saiful Ilah, SH.Mhum yang didampingi oleh Wakil Bupati Sidoarjo MG. Hadi Sutjipto, SH,MM. serta Sekretaris Daerah Vino Rudi Muntiawan, SH. Selain membuka kontes dan festival hewan ternak juga meresmikan Pasar Hewan Krian. Pasar hewan ini merupakan perpindahan dari pasar hewan yag lama yang berada dilingkungan di pasar Krian, karena pada lokasi yang lama telah manfaatkan sebagai ruang terbuka hijau aktivitas pasar hewan Krian dialihkan ke tempat yang baru di Dusun Ngingas Kecamatan Krian.

Selaku Pimpinan Daerah Saiful Ilah menyambut baik, dan memberikan Hal ini menjadi penting untuk diselenggarakan, mengingat selama ini sub sektor petenakan di Kabupaten Sidoarjo, memegang peranan yang sangat strategis dalam pembangunan daerah maupun nasional.

Dengan selesainya pembangunan pasar hewan yang baru ini, maka diharapkan kepada para pedagang ternak besar seperti pedagang sapi, kerbau dan kambing, dapat memanfaatkan fasilitas pasar hewan ini dengan sebaik – baiknya sampai bupati Sidoarjo

Dan pada acara ini pula Bupati Sidoarjo beserta jajarannya melakukan promosi gizi dengan mengajak anak-anak dalam gerakan minum susu, makan telur dan daging yang merupakan bantuan dari provinsi Jawa Timur sebanyak 1000 paket yang dibagikan ke 3 sekolah yang ada di Kecamatan Krian SDN Krian1 sebanyak 210, SDN Krian 4 sebanyak 385 anak dan 415 paket untuk SD Muhammadiyah 1 Krian. (yayuk)