Kabupaten Sidoarjo
Sidoarjo Permai Bersih Hatinya
° C
BPJS Siapkan Rumah Susun Sederhana Sewa Bagi Pekerja Buruh di Kabupaten Sidoarjo
Dilihat
304
Penulis:
2015-09-16 03:55:34




HUMASPROTOKOLSidoarjo.- BPJS Ketenagakerjaan jalin kerjasama dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Sidoarjo dalam rangka penyediaan Rumah Susun Sederhana Sewa (Rusunawa) bagi para pekerja/buruh di Kabupaten Sidoarjo. Kerjasama tersebut tertuang dalam penandatanganan kesepakatan bersama antara Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah SH,M.Hum dengan Direktur Kepersertaan dan Hubungan Antar lembaga BPJS Ketenagakerjaan Junaidi, di Pendopo Delta Wibawa, kemarin, Jumat (11/9). Wakil Bupati Sidoarjo MG.Hadi Sutjipto, SH.MM serta Sekretaris Daerah Vino Rudy Muntiawan, SH hadir menyaksikan penandatangan tersebut.


Dalam kesempatan tersebut Bupati Sidoarjo Saiful Ilah mengatakan turut mendukung program kerja BPJS Ketenagakerjaan. Hal tersebut sebagai upaya bersama untuk mewujudkan kesejahteraan pekerja di Kabupaten Sidoarjo. Melalui kerjasama tersebut diharapkannya mampu menjebatani keinginan para pekerja untuk dapat memiliki tempat tinggal sendiri. Dengan demikian akan tercipta kesejahteraan masyarakat yang merata khususnya di wilayah Kabupaten Sidoarjo.


Bupati Sidoarjo Saiful Ilah juga mengatakan apa yang dilakukannya hari ini merupakan salah satu wujud nyata pemerintah dalam menyediakan tempat tinggal bagi masyarakat Sidoarjo. Melalui BPJS ketenagakerjaan, kesejahteraan para pekerja dapat terpenuhi melalui penyediaan rumah.


Pembangunan Rusunawa bagi  para pekerja ini semoga dapat menjadi terobosan baru yaitu selain meningkatkan kesejaheraan bagi para pekerja juga dapat meningkatkan iklim investasi yang ada di Kabupaten Sidoarjo"ujar bupati Sidoarjo.


Dalam kesempatan tersebut juga dilakukan penyerahan kartu peserta bukan penerima upah kepada para petani dari Desa kepuh Kemiri dan Desa Grabagan Kecamatan Tulangan sebagai peserta BPJS. Bupati Sidoarjo Saiful Ilah berharap hal tersebut dapat diikuti oleh petani lainnya. Pasalnya BPJS Ketenaga Kerjaan bukan hanya di peruntukkan untuk para tenaga kerja diperusahaan saja, akan tetapi siapapun bisa bergabung dengan BPJS keteganakerjaan.


Sementara itu Direktur Kepersetaan dan Hubungan Antar lembaga BPJS Ketenagakerjaan, Junaidi berharap pembangunan Rusunawa bagi  pekerja di wilayah Sidoarjo dapat segera terelealisasi. Hal itu mengingat kebutuhan para pekerja akan tempat tinggal semakin tinggi.


 "Pembangunan rumah susun sederhana untuk pekerja ini dilaksanakan di wilayah Sidoarjo atas kerjasama dua belah pihak antara pemerintah daerah sebagai penyedia lahan di wilayah Sidoarjo dengan BPJS Ketenaga Kerjaan yang akan memberikan pembiayaan pembangunan rumah susun sederhana sewa bagi bagi pekerja di Sidoarjo" ungkapnya.


Junaidi juga mengatakan Kabupaten Sidoarjo merupakan kota ke dua pembangunan Rusunawa tahun ini. Sebelumnya perjanjian kerjasama pembangunan Rusunawa  telah dilakukan dengan pemerintah daerah Ungaran. Berikutnya pembangunan Rusunawa  akan dilakukan di Bandung. Dengan adanya fasilitas tersebut  diharapkan para pekerja dapat memiliki tempat tinggal sebagai kebutuhan primer dan dapat bekerja dengan tenang untuk mencapai kesejahteraan.


Dalam kesempatan tersebut secara simbolis Bupati Sidoarjo Saiful Ilah juga menyerahkan jaminan kecelakaan kerja dari PT. Japfa Comfeed Indonesia dan jaminan hari tua dari PT. Atrisco mutiara kepada pekerja yang menerima tunjangan. (humas/yuk/git)