Kabupaten Sidoarjo
Sidoarjo Permai Bersih Hatinya
° C
Pemkab Sidoarjo Sosialisasikan Penyusunan APBD Tahun Anggaran 2016
Dilihat
1091
Penulis:
2015-08-28 04:47:26




HUMASPROTOKOLSidoarjo.- Pemerintah Kabupaten Sidoarjo sosialisasikan Penyusunan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Tahun Anggaran 2016 berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomer 52 tahun 2015 tentang Pedoman Penyusunan APBD Tahun Anggaran 2016 kepada kepala SKPD se Kabupaten Sidoarjo, Jum’at (28/8). Sosialisasi yang dilakukan di The Sun Hotel Sidoarjo tersebut juga mengundang anggota DPRD Kabupaten Sidoarjo. Sosialisasi yang dibuka oleh Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah SH,M.Hum tersebut menghadirkan Direktur Anggaran Direktorat Bina Keuangan Daerah Kementerian Dalam Negeri  Achmad Bakir Al Afif Al Haq SH,M.Si sebagai narasumber.


Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah dalam sambutannya mengatakan penyelengaraan Pemerintah Daerah di tahun 2016 nanti harus benar-benar dilakukan dengan cermat dan penuh kehati-hatian. Dalam penyusunan program-program pembangunan daerah juga harus memperhatikan keselarasan dan keterpaduan dengan program-program pemerintah pusat maupun pemerintah propinsi. Hal tersebut tidak lain untuk mendukung program kerja pemerintah yang tertuang dalam 9 program kerja nawacita.


Program ini digagas untuk menunjukkan prioritas jalan perubahan menuju Indonesia yang berdaulat secara politik serta mandiri dalam bidang ekonomi dan berkepribadian dalam kebudayaan, ujar Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah.


Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah juga mengatakan penyusunan APBD harus berpedoman pada peraturan per-undang-undangan yang berlaku. Oleh karena itu setiap ada perubahan regulasi harus dilakukan penyesuaian-penyesuaian dalam susunan struktur pendapatan dan belanjanya. Seperti penyusunan APBD Tahun Anggaran 2016 yang diatur dalam Permendagri Nomer 52 tahun 2015. Didalam Permendagri tersebut banyak ketentuan-ketentuan yang harus dicermati dan dipahami. Untuk itu ia berharap kepada Kementerian Dalam Negeri R.I agar ketentuan teknis terkait penyusunan APBD Tahun Anggaran 2016 dapat segera diterbitkan. Pasalnya pembahasan penyusunan APBD Tahun Anggaran 2016 waktunya sudah sangat terbatas.


Dalam kesempatan tersebut, Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah berharap peserta sosialisasi dapat memanfaatkan sebaik-baiknya kegiatan kali ini. Tanya jawab dan diskusi diharapkannya dapat tercipta dalam sosialisasi tersebut. Pasalnya narasumber yang dihadirkan adalah salah satu penyusun Permendagri Nomer 52 tahun 2015 itu sendiri.


Sementara itu Kepala Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Kabupaten Sidoarjo Djoko Sartono SH,M.Si mengatakan bahwa dalam penyusunan APBD tahun anggaran 2016 berpedoman pada Permendagri nomer 52 tahun 2015 tentang Pedoman Penyusunan APBD Tahun Anggaran 2016. Dalam Permendagri tersebut banyak ketentuan-ketentuan yang harus dicermati dan dipahami oleh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD). Seperti dana pendamping Dana Alokasi Khusus (DAK) yang tidak tertampung dalam bentuk program kegiatan tahun 2016 dianggarkan dalam belanja tidak terduga.


Selain itu juga mengenai perjalan dinas yang pengaturannya masih menunggu petunjuk lebih lanjut. Begitu juga ketentuan-ketentuan terkait urusan pemerintahan. Djoko mengatakan ada perbedaan antara undang-undang nomer 23 tahun 2014 dan Permendagri nomer 13 tahun 2006 serta perubahannya.


Hal-hal inilah sebagaian ketentuan yang harus diperjelas dengan petunjuk pelaksanaan supaya implikasi hukum dapat dihindari, maksudnya implikasi yang tidak benar, ujarnya.


Untuk itu ujar Djoko, sosialisasikan Penyusunan APBD Tahun Anggaran 2016 berdasarkan Permendagri Nomer 52 tahun 2015 perlu disampaikan. Agar program-program kegiatan dapat disesuaikan dengan norma-norma pengelolaan keuangan yang efektif, efisien, transparan dan akuntabel. Untuk itulah kepala SKPD se Kabupaten Sidoarjo diundang agar lebih memahami dalam menyusun program kegiatan yang menjadi tugas pokok dan fungsinya. (humas/git)