Kabupaten Sidoarjo
Sidoarjo Permai Bersih Hatinya
° C
Bupati dan Wakil Bupati Sidoarjo Unjuk Kebolehan Membuat Rujak Cingur
Dilihat
430
Penulis:
2015-08-13 03:34:04




HUMASPROTOKOLSidoarjo.- Kemeriahan HUT Republik Indonesia ke 70 tahun ada di kantor Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Sidoarjo tadi pagi, Kamis (13/8). Kantor Setda Sidoarjo atau kantor bupati Sidoarjo tersebut mengadakan lomba membuat rujak cingur serta es dawet. Lomba kali ini bisa dibilang tidak biasa. Pesertanya adalah bupati dan wakil bupati Sidoarjo, Sekretaris Daerah (Sekda) Sidoarjo, staf ahli bupati serta asisten dan pejabat Pemerintah Kabupaten Sidoarjo. Seperti kepala dinas, badan, kantor serta kepala BUMD dan 18 camat yang ada di Kabupaten Sidoarjo. Selain itu peserta lomba diwajibkan memakai pakaian perjuangan atau pakaian daerah dalam membuat rujak cingur.


Menandai dimulainya perlombaan, pelepasan balon  ucapan dirgahayu Republik Indonesia ke 70 tahun 2015 dilakukan oleh Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah SH,M.Hum. Usai seremonial pembukaan, perlombaan membuat rujak cingur serta es dawet dimulai. Bupati dan Wakil Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah SH,M.Hum dan H. MG Hadi Sutjipto SH,MM serta Sekda Sidoarjo Vino Rudy Muntiawan menjadi peserta kehormatan dalam lomba kali ini. Sebagai peserta kehormatan, tiga pejabat tinggi Sidoarjo tersebut didampingi istri dalam membuat rujak cingur.  Tampak antusias terlihat dari raut wajah pimpinan daerah tersebut untuk membuat rujak cingur yang enak.


Begitu pula dengan seluruh kepala SKPD yang ada di Sidoarjo. Dengan serius, bahan-bahan yang sudah disiapkan oleh panitia coba di racik sendiri untuk menghasilkan rujak cingur yang nikmat. Faktor meracik bahan-bahan yang sesuai menjadi kunci nikmatnya rasa rujak cingur yang akan disajikan kepada dewan juri. Pasalnya rasa serta penyajian menjadi penilaian dewan juri yang notabenenya seorang pembuat rujak cingur. Dalam perlombaan, peserta diberikan waktu satu jam untuk membuat rujak cingur.


Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah menyambut baik lomba semacam ini. Selain dalam rangka memperingati HUT R.I ke 70 tahun 2015, lomba tersebut akan meningkatkan tali silaturahmi. Ia mengaku menikmati lomba kali ini. Ia mengatakan, membuat rujak cingur bisa dibilang mudah. Untuk urusan menguleg bagi H. Saiful Ilah tidak masalah meski tidak biasa. Hal itu terlihat dalam lomba membuat rujak cingur kali ini. Bumbu seperti kacang, lombok maupun irisan pisang klutuk diulegnya sampai lembut dalam cobek. Kemudian berbagai petis ia campurkan menjadi satu dengan bumbu yang ia uleg dalam cobek tadi. Setelah bumbu siap, berbagai bahan rujak seperti mentimun, tahu, tempe, bengkoang dan cingur atau bibir sapi di iris-irisnya. Setelah itu semua bumbu dan bahan di campurnya untuk menjadi seporsi rujak cingur ala mister chef Sidoarjo bukan master chef Indonesia untuk menamakan lomba kali ini.


Sementar itu dalam lomba kali ini yang menjadi juara pertamanya adalah Kepala Dinas Perhubungan, Drs. Joko Santoso. Kemudian disusul oleh kepala Dinas Pertanian, Perkebunan dan Peternakan, Ir. Anik Pudji Astuti sebagai juara ke duanya. Untuk juara ketiga diberikan kepada Camat Jabon Drs. Ali Sarbini, SH,MH.


Dalam lomba kali ini, juga disematkan juara harapan I, II dan III kepada peserta lomba. Untuk juara harapan pertama diraih direktur RSUD Sidoarjo, dr. Atok Irawan Sp,P. Kemudian disusul oleh Kepala Dinas P.U Cipta Karya dan Tata Ruang Ir. Agoes Boedi Tjahjono, MT sebagai juara harapan II. Sedangkan  juara harapan III diberikan Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Drs. Medi Yulianto M.Si. (humas/git)