Kabupaten Sidoarjo
Sidoarjo Permai Bersih Hatinya
° C
Pemkab Sidoarjo Gelar Mudik Gratis
Dilihat
432
Penulis:
2015-07-15 01:35:21




HUMASPROTOKOLSidoarjo.- Ribuan pemudik ikuti Mudik Gratis Angkutan Lebaran 2015 Pemerintah Kabupaten Sidoarjo.  25 bus gratis disiapkan dalam mudik gratis yang tadi pagi, Rabu, (15/7) diberangkatkan Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah SH,M.Hum di Pendopo Delta Wibawa. 10 bus bantuan Provinsi Jawa Timur dan 15 bus disediakan Pemkab Sidoarjo siap mengangkut pemudik ke 6 kabupaten/kota di Jawa Timur yang menjadi tujuan. Yakni Banyuwangi, Jember, Trenggalek, Ponorogo, Tuban dan Bojonegoro.


Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah mengatakan kegiatan mudik gratis merupakan bentuk perhatian dan pelayanan kepada masyarakat Sidoarjo. Masyarakat Sidoarjo tidak perlu menggunakan motor untuk pulang ke kampung halamannya. Bus gratis di sediakan Pemkab Sidoarjo untuk menjaga keselamatan para pemudik. Hal tersebut tidak lain untuk mencipatakan mudik lebaran yang aman, nyaman dan lancar.


Ia berharap kegiatan mudik gratis tahun ini dapat berjalan aman, lancar dan nyaman. Melalui mudik gratis tahun ini dapat mengantarkan pemudik dengan selamat sampai ke tempat tujuan masing-masing.  


Dalam kesempatan tersebut ia berpesan kepada para pengemudi untuk selalu mengutamakan keselamatan penumpang. Kepada pengemudi Ia meminta untuk disiplin dalam berlalu lintas dan mematuhi rambu-rambu lalu lintas di jalan raya. Dan tidak kalah pentingnya, ia meminta pengemudi untuk memeriksa terlebih dahulu kelengkapan dan kesiapan kendaraan yang akan dipakainya.


Saya titipkan para warga Sidoarjo yang menjadi penumpang mudik lebaran tahun 2015 ini untuk diantar sampai kota tujuan masing-masing dalam keadaan selamat, pesannya kepada awak kemudi angkutan lebaran.


Sementara itu Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Sidoarjo Drs. Joko Santoso mengatakan angka kecelakaan yang melibatkan kendaraan roda dua sangat tinggi pada mudik lebaran. Untuk menekan hal itu, pemerintah daerah mencoba mengalihkan pemudik untuk menggunakan bus yang telah disediakan. Selain itu mudik gratis disediakan untuk mengurangi kepadatan pemudik yang naik bus di terminal.


Joko Santoso juga mengatakan pengecekan bus telah dilakukan sebelum pemberangkatan. Begitu pula dengan para pengemudi bus. Tes urine serta tekanan darah diberlakukan kepada para pengemudi. Hal tersebut penting dilakukan demi keselamatan para penumpang maupun pengguna jalan lainnya.


Sampai saat ini ungkap Joko, peserta mudik gratis yang sudah terdaftar mencapai 1.200 pemudik. Pemudik ke Jember disediakan 5 bus, Banyuwangi 4 bus, Trenggalek 7 bus, Ponorogo 7 bus Tuban 1 bus. Ia juga berpesan kepada pemudik, setibanya ditempat tujuan masing-masing untuk segera mendaftarkan kembali ke kantor Dinas Perhubungan setempat. Agar pada waktu kembali ke Sidoarjo dapat menggunakan kembali bus gratis yang disediakan Pemda masing-masing.


Kami sudah berkoordinasi dengan masing-masing Pemda setempat, sehingga mudik bapak-bapak ibu-ibu betul-betul gratis, ujarnya.


Dalam kesempatan tersebut ia juga mengungkapkan bahwa tahun depan sudah dianggarkan pengangkutan kendaraan para pemudik. Bagi pemudik yang menginginkan sepeda motornya ikut dibawa kekampung halamannya, Pemda Sidoarjo siap memfasilitasinya. Sepeda motor pemudik akan diangkut terlebih dahulu ketempat tujuan pemudik dengan menggunakan truk.


Bapak-bapak yang berlebaran membawa motor,  motornya diangkut terlebih dahulu kedaerah asal sehingga bisa dipakai di tempat tujuan, ujarnya.


Dalam kesempatan tersebut, Pemda Sidoarjo juga memberikan bingkisan kepada para pemudik. Secara simbolis, Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah memberikan bingkisan tersebut kepada beberapa pemudik. (humas/git)