Kabupaten Sidoarjo
Sidoarjo Permai Bersih Hatinya
° C
Dana Bergulir Tahap Tiga Dikucurkan
Dilihat
627
Penulis:
2015-06-25 02:28:15




HUMASPROTKOLSidoarjo.- Dana bergulir tahap tiga siap dikucurkan Pemkab Sidoarjo hari ini, Kamis (25/6). Realisasi dana bergulir tahap tiga  yang dikucurkan sebesar Rp. 1.007.000.000.  84 Usaha Mikro, Kecil, Menengah dan Koperasi (UMKMK) Sidoarjo dapat menikmati dana pinjaman tersebut.


Menandai hal tersebut dilakukan penandatanganan akad kredit dana bergulir antara UMKM, notaris dan Bank Jatim cabang Sidoarjo yang dilakukan di gedung Dekopinda Sidoarjo tadi pagi. Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah SH,M.Hum hadir sekaligus menyerahkan secara simbolis dana bergulir untuk perkuat permodalan pelaku UMKMK di Sidoarjo tersebut.


Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah mengatakan tahun 2015 ini, Pemkab Sidoarjo mengalokasikan dana bergulir sebesar  Rp. 7.700.000.000. Sampai   dengan   hari   ini,   dana bergulir yang sudah   terserap   sebesar  Rp. 5.362.000.000.


Ia mengatakan fasilitas dana bergulir di berikan sejak tahun 2002 hingga  sekarang. Sampai saat ini kredit dana bergulir yang telah diberikan mencapai Rp. 65.747.500,00. Dana bergulir tersebut telah dinikmati oleh 6.481 UMKM dan 243 koperasi yang ada di Sidoarjo.


Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah mengatakan bahwa pemberian dana bergulir merupakan wujud konsistensi dan komitmen Pemerintah Kabupaten Sidoarjo untuk terus melaksanakan pembangunan yang berpihak pada pro poor, pro growth, dan pro job melalui upaya pemberdayaan dan pengembangan UMKM-K. Konsistensi dan komitmen tersebut semakin nyata dengan dibuktikan keluarnya kebijakan baru terkait pemberian pinjaman kredit dana bergulir untuk UMKM Pemula pada tahun 2010 yang lalu.


Pemberian pinjaman tanpa agunan dengan jumlah pinjaman maksimal sebesar Rp. 10 Juta diberikan kepada UMKM Pemula. Sedangkan untuk pengembangan UMKM dan Koperasi, diberikan kebijakan agunan hanya 30% dari total pinjaman. Untuk UMKM, pinjaman maksimal sebesar RP. 50 Juta, sedangkan untuk koperasi pinjaman maksimal sebesar Rp. 100 Juta.


Dalam kesempatan tersebut ia berharap penerima dapat mengelola pinjaman dengan sebaik-baiknya. Ia berpesan dana pinjamanan tersebut dapat dimanfaatkan untuk menambah modal usaha. Ia tidak berharap dana tersebut digunakan untuk keperluan yang tidak penting. Pasalnya dana tersebut merupakan dana pinjaman dan bukan dana hibah yang diberikan oleh pemerintah.


Dana bergulir ini semakin banyak yang mengawasi, baik dari BPK maupun dari aparat penegak hukum, untuk itu kita harus berhati–hati  dalam mengelola keuangannya, pesannya kepada para pelaku UMKMK yang hadir.


Sementara itu Kepala Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian, Perdagangan dan ESDM Kabupaten Sidoarjo Fenny Apridawati, SKM, M.Kes mengatakan bahwa masyarakat Sidoarjo khususnya para pelaku usaha di Sidoarjo patut bersyukur mempunyai bupati Sidoarjo dari seorang pengusaha. Dengan latar belakang tersebut Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah dapat merasakan seluk beluk berwirausaha. Untuk itu dengan segala kebijkannya, Pemerintah Kabupaten Sidoarjo terus menumbuhkan perekonomiannya melalui UMKMK yang ada.


Berbagai fasilitas dan kemudahan diberikan oleh Pemda Sidoarjo bagi para pelaku UMKMK. Seperti pemberian dana bergulir yang tiap tahun terus meningkat alokasi dananya. Hal tersebut adalah jawaban dari Pemda Sidoarjo atas keluhan dari pelaku usaha selama ini yang ingin berwirausaha.


Tidak hanya itu sampai Fenny, tahun ini Pemda Sidoarjo akan membangun klinik UMKM yang masih dalam tahap pengerjaannya. Klinik UMKM tersebut akan menjadi tempat mencari solusi bagi permasalahan yang dihadapai oleh pelaku UMKMK.


Nanti di klinik itu  ada poli-poli, ada poli marketing, poli permodalan, ada poli manajeman ada poli kertampilan dan lain sebagainya, ucapnya. (humas/git)