Kabupaten Sidoarjo
Sidoarjo Permai Bersih Hatinya
° C
46 Perusahaan Sidoarjo Nihil Kecelakaan Kerja
Dilihat
630
Penulis:
2013-04-02 09:10:01




Perusahaan di Kab Sidoarjo yang nihil kecelakaan kerja, tiap tahun  semakin banyak. Bila tahun 2012 kemarin, ada  39 perusahaan di Sidoarjo yang mendapatkan penghargaan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) dari Gubernur Jawa Timur, maka pada tahun 2013 ini bertambah menjadi 46 perusahaan.

Karena jumlah perusahaan yang bisa menekan angka kecelakaan kerja semakin banyak itu, maka Bupati Sidoarjo, Saiful Ilah, juga mendapatkan penghargaan dari Gubernur Jawa Timur, sebagai  pembina K3 terbaik se Jatim.

' Bagi Bupati dan bagi perusahaan yang memperoleh penghargaan K3 ini, jelas merupakan prestasi yang luar biasa,' kata Kepala Dinas Sosial Tenaga dan Transmigrasi Sidoarjo, Sumarbowo SH, Senin (1/4) kemarin.

Disampaikan Sumarbowo, kecelakaan kerja perusahaan di Sidoarjo akan terus ditekan. Menurut data, dalam 5 tahun terakhir, banyak perusahaan di Sidoarjo telah mampu mempertahankan predikat penilaian nol kecelakaan kerja (zero accident).

'Mudah-mudahan pada bulan yang akan datang, bisa mendapat penghargaan tingkat nasional dari Menakertrans RI, seperti 2 tahun sebelumnya,' ujar Sumarbowo.

Kedepan, Sumarbowo berharap, agar seluruh perusahaan yang ada di Sidoarjo, dapat terpacu untuk menerapkan budaya K3 dengan Sistem Managemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3) ditempatnya.

Menurut Sumarbowo, karena dengan menerapkan sistem itu, telah terbukti dapat menekan angka kecelakaan kerja sampai nol kecelakaan (zero accident). Dengan Zero Accident, lanjut Sumarbowo, maka secara tidak langsung produktifitas perusahaaan akan bisa meningkat.(ali)