Kabupaten Sidoarjo
Sidoarjo Permai Bersih Hatinya
° C
Bupati Sidoarjo Buka Bimtek Pengelola Perpusatakaan Desa dan TP-PKK
Dilihat
438
Penulis:
2015-06-09 02:41:50




HUMASPROTOKOLSidoarjo.- Upaya untuk terus meningkatkan kualitas pelaksanaan perpustakaan yang ada di Kabupaten Sidoarjo gencar dilakukan oleh kantor Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Sidoarjo. Salah satunya dengan memberikan Bimbingan Teknis (Bimtek) kepada pengelola perpusatakaan desa/kelurahan maupun kepada Tim Penggerak PKK yang mengelola perpustakaan se Kabupaten Sidoarjo, Selasa (9/6).


Bimtek angkatan ke V yang akan di selenggarakan sampai tanggal 12 Juni tersebut dibuka oleh Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah SH,M.Hum di Pendopo Delta Wibawa Sidoarjo. Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah menyambut baik dan memberikan apresiasi yang tinggi atas terselenggaranya Bimtek Pengelola Perpustakaan Desa / Kelurahan dan TP-PKK tersebut. Ia mengatakan bahwa keberadaan lembaga perpustakaan memberikan kontribusi yang besar bagi pembangunan mentalitas dan intelektual bangsa.      


Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah juga mengatakan keberadaan perpustakaan akan mampu menggalakkan kebiasaan membaca sejak usia dini.  Saat ini sampainya, membaca menjadi satu kebutuhan pokok yang membawa masyarakat ke tataran intelektual yang lebih baik.


Untuk itu ia meminta lembaga perpustakaan wajib menyediakan sarana dan prasarana perpustakaan yang memadai dan merata hingga ke desa-desa dan dusun terpencil. Selain itu SDM perpustakaan yang handal dan berkompeten mutlak diperlukan dalam mengelola perpustakan. Hal tersebut penting dicapai dalam mewujudkan masyarakat Sidoarjo yang memiliki kebiasaan gemar membaca. Dengan begitu akan mampu menghantarkan terwujudnya masyarakat yang cerdas, mandiri, sejahtera dan berkepribadian.


Kegiatan bimbingan teknis ini merupakan upaya yang strategis bagi pengelola perpustakaan sebagai sarana komunikasi, koordinasi, konsolidasi serta sinkronisasi program kerjanya, ujarnyanya.


Dalam kesempatan tersebut Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah berharap kepada petugas pengelola perpustakaan untuk dapat saling bertukar informasi dan pengalaman dalam pengelolaan perpustakaan. Ia juga berharap apa yang diperoleh dalam Bimtek kali ini hendaknya diaplikasikan pada perpustakaan masing-masing. Sehingga apa yang menjadi acuan dan pedoman dalam pengelolaan perpustakaan dapat diterapkan dengan baik. Untuk itu ia meminta keseriusan peserta Bimtek dalam mengikutinya. Dengan begitu ilmu yang di dapat bisa maksimal dan berguna bagi pengembangan perpustakaan yang dikelolanya.


Sementara itu Kepala Kantor Perpustakaan dan Arsip Sidoarjo Drs. Sutjipto MM mengatakan Bimtek tersebut diselenggarakan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan pengelola perpustakaan dalam mengelola bahan pustaka. 75 orang pengelola perpustakaan akan dibekali pemahaman dan ketrampilan dalam mengelola perpustakaannya. Selain itu Bimtek kali ini diharapkan mampu menggerakakan masyarakat pemustaka didalam menumbuhkan minat baca dan pemberdayaan masyarakat.


Bimtek ini juga harapkan mampu membangun sinergi dan jaringan antar sesama pengelola perpustkaan, ujarnya.


Dalam Bimtek kali ini dua nara sumber dihadirkan oleh kantor Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Sidoarjo. Nara sumber pertama dari pustakawan Perpustakaan Universitas Airlangga Surabaya. Sedangkan nara sumber kedua dari Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur. (humas/git)