Kabupaten Sidoarjo
Sidoarjo Permai Bersih Hatinya
° C
PNS Sidoarjo Diajak Hemat Air
Dilihat
445
Penulis:
2013-03-22 09:10:01




HUMASPROTOKOL,Sidoarjo.- Hari Air Dunia diperingati oleh SMKN 1 Sidoarjo dengan mengkampanyekan penghematan air kepada seluruh Pegawai Negeri Sipil (PNS) Sidoarjo. Ajakan untuk hemat air tersebut dilakukan oleh para murid SMKN 1 Sidoarjo dengan membagikan brosur dan stiker kepada para PNS Sidoarjo yang mengikuti senam rutin Jumat pagi di Alun-alun Sidoarjo,(22/3).

Tidak hanya kepada para PNS Sidoarjo saja, himbauan untuk penghematan air juga dilakukan oleh para murid SMKN 1 Sidoarjo kepada masyarakat pengguna jalan. Mereka membagikan brosur dan stiket di trafick light perempatan Jalan A.Yani Sidoarjo.Yakni  di trafick light yang berada di sebelah Kantor Bupati Sidoarjo dan disebelah rumah makan Bu Fat.

Sekretaris Daerah Sidoarjo Vino Rudy Muntiawan SH yang mengikuti senam pagi sangat mendukung sekali kegiatan yang dilakukan oleh para siswa SMKN 1 Sidoarjo tersebut. Pasalnya dengan menghemat air sesuai kebutuhan, secara tidak langsung akan menjaga kelangsungan hidup maupun lingkungan. Untuk itu ujar  Sekda Sidoarjo Vino Rudy Muntiawan di hadapan para PNS yang mengikuti senam, penghematan air itu sangat diperlukan bagi kelangsungan hidup maupun lingkungan.

Sementara itu Kepala Sekolah SMKN 1 Sidoarjo Drs. Heru Mursanyoto MM berharap lewat kampanye yang dilakukannya, akan terwujud budaya penghematan air di masyarakat. Lewat ajakan yang dilakukannya bersama siswanya, akan dapat memberikan kesadaran kepada masyarakat terkait dengan pemanfaatan air. Sehingga nantinya masyarakat akan dapat menggunakan air untuk berbagai keperluan secara optimal tanpa terbuang sia-sia.

Bertepatan dengan Hari Air Dunia, alangkah baiknya kami juga mengkampanyekan penghematan air ini kepada masyarakat, sampainya.

Tidak hanya stiker yang bertuliskan menyelematkan air, menyelamatkan kehidupan, menyelamatkan dunia tersebut dibagikan. Sebagai media kampanyenya, para siswa SMKN 1 Sidoarjo tersebut membagikan brosur tentang 8 cara bagaimana menghemat air.

Yang pertama, manfaatkan air secara optimal, cegah kebocoran dan jangan biarkan kran air terbuka terus menerus. Kedua, saat menggosok gigi, cuci muka atau mencukur, kran wastafel jangan dibebaskan mengucur karena 1 menit air kran mengalir, 9 liter air terbuang percuma. Ketiga, lebih baik mencuci mobil memakai ember dan lap karena mengguyur mobil seperempat jam berarti beratus-ratus liter air terbuang.

Cara menghemat air ke empat yakni apabila cucian banyak cukup pakai 3 ember air saja. Ember untuk merendam, membersihkan dan membilas. Karena mencuci langsung dibawah kran bisa 15 kali lebih boros air dibanding dengan di tampung. Kelima juga hampir sama yakni apabila yang akan dicuci sangat banyak disarankan mengunakan mesin cuci piring dan pakaian karena akan lebih hemat air.
Ke enam disarankan mandi dengan menggunakan pancuran karena mandi dengan gayung bisa 3 kali lebih boros. Apalagi mandi berendam, karena mandi berendam paling boros penggunaan air. Ke tujuh adalah bagaimana memanfaatkan air limbah yang tidak terlalu kotor dan masih dapat dipakai untuk digunakan menyiram tanaman dan memelihara ikan.

Terakhir adalah mengupayakan membuat sumur resapan dan tidak menghabiskan semua lahan dengan di semen untuk mempertahankan air hujan dapat meresap. Semua itu di maksudkan agar sumber air tetap berlimpah di musim kering untuk dapat digunakan. (humas/git)