Kabupaten Sidoarjo
Sidoarjo Permai Bersih Hatinya
° C
Pemkab Sidoarjo Gelar Bursa Kerja Terbuka
Dilihat
453
Penulis:
2015-05-21 02:25:59




HUMASPROTOKOLSidoarjo.- Ribuan pencari kerja memanfaatkan Bursa Kerja Terbuka (BKT) 2015 yang digelar di GOR Sidoarjo tadi pagi, Kamis (21/5). 55 ribu lowongan pekerjaan disediakan dalam BKT tahun ini.  50 perusahaan ikut ambil bagian terselenggaranya BKT tahun 2015 yang dibuka oleh  Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah SH,M.Hum tersebut. Wakil Bupati Sidoarjo H. MG Hadi Sutjipto SH,MM serta Ketua DPRD Kabupaten Sidoarjo H. Sullamul Hadi Nurmawan dan Dandim 0816 Sidoarjo Letkol Kav. Rizeki Indra Wijaya hadir dalam kesempatan tersebut.


Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah dalam sambutannya mengatakan angka pengangguran di Kabupaten Sidoarjo terus mengalami penurunan. Dari data Badan Pusat Statistik (BPS) Sidoarjo menunjukkan penurunan di tiga tahun terakhir. Tahun 2012 lalu jumlah pengangguran di Sidoarjo sebanyak 50.816 dan terus menurun di tahun 2013 dan 2014. Di tahun 2013 jumlah pengangguran menurun menjadi 47.820 dan menurun lagi tahun 2014 menjadi 41.465.


Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah mengatakan dapat ditekannya angka pengangguran di Kabupaten Sidoarjo tidak terlepas dari upaya pemerintah dalam memfasilitasi penyediaan lapangan pekerjaan. Seperti halnya diadakannya kegiatan Bursa Kerja Terbuka kali ini.  Sehingga angka pengangguran di Kabupaten Sidoarjo terus menurun dari tahun ketahun.


Ia mengatakan Bursa Kerja Terbuka merupakan media informasi pasar kerja yang sangat dibutuhkan oleh pencari kerja. BKT hendaknya dapat diakses dengan baik oleh para pencari kerja maupun para pengusaha yang membutuhkan tenaga kerja. Sehingga akan terjadi timbal balik yang saling menguntungkan.


Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah mengatakan memasuki era saat ini telah terjadi perubahan dunia kerja yang mengarah pada  sistem  pengembangan  Sumber  Daya  Manusia (SDM). Dunia kerja membutuhkan SDM yang memiliki multi kemampuan, fleksibel serta penguasaan bidang pekerjaan. Selain itu pada era dunia kerja saat ini menuju kepada pengembangan kewirausahaan dan pendidikan secara terus menerus.


Untuk itu ujarnya, lulusan sekolah maupun perguruan tinggi dituntut memiliki standar kompetensi dalam menghadapi pasar bebas mendatang.  Standar kompetensi tersebut meliputi  pengetahuan, ketrampilan, sikap kerja  dan  pendidikan formal maupun non formal.


Dalam kesempatan tersebut Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah berpesan kepada para pencari kerja hendaknya memiliki sikap kerja agar dapat berkompetisi di pasar bebas. Sikap kerja seperti inisiatif, kreatif, bertanggung jawab serta mampu bekerjasama dan mampu berkomunikasi dan memiliki rasa kebersamaan harus ada pada para pencari kerja.


Sementara itu Kepala Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Kabupaten Sidoarjo M. Husni Thamrin mengatakan 6 ribu orang pencari kerja sudah tercatat dalam BKT kali ini. Tahun ini BKT akan dilaksanakan sebanyak dua kali. Untuk pelaksanaan BKT yang kedua akan diselenggarakan pada bulan Oktober mendatang.


BKT itu sendiri ujar M. Husni Thamrin adalah bentuk pelayanan kepada para pencari kerja yang telah memiliki kartu pencari kerja. Dan para pencari kerja yang telah mendaftarkan diri pada BKT dapat memilih lowongan pekerjaan yang telah tersedia. (humas/git)