Kabupaten Sidoarjo
Sidoarjo Permai Bersih Hatinya
° C
Bupati Sidoarjo Sampaikan SPT Tahunan PPh Orang Pribadi Miliknya
Dilihat
512
Penulis:
2013-03-21 09:10:01




HUMASPROTOKOL,Sidoarjo.- Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah SH,M.Hum memberikan teladan kepada masyarakat terhadap kewajiban untuk menyampaikan Surat Pemberitahuan (SPT) Tahunan Pajak Penghasilan (PPh) Orang Pribadi Tahun 2012 miliknya, tadi pagi, Kamis (21/3). Penyampaian SPT Tahunan PPh orang pribadi oleh bupati Sidoarjo dilakukan dalam acara Pekan Panutan Penyampaian SPT Tahunan PPh Orang Pribadi Tahun 2012 yang digelar oleh Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Jawa Timur II.di Pendopo Delta Nugraha Sidoarjo.

Forum Pimpinan Daerah (Forpimda) Sidoarjo yang hadir dalam kesempatan tersebut juga bersama-sama menyampaikan SPT Tahunan PPh Orang Pribadi miliknya. Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah yang diikuti oleh Wakil Bupati Sidoarjo H.MG Hadi Sutjipto SH,MM, Dandim 0816 Sidoarjo Letkol Arh. Bambang Utomo S.IP, Kepala Kejaksaan Negeri Sidoarjo Sumardi SH,MH, Wakapolres Sidoarjo Kompol Fadli Widiyanto SH,Sik serta Wakil Ketua DPRD Sidoarjo H. Abdul Kholik SE dan Sekda Sidoarjo Vino Rudy Muntiawan SH menyampaikan SPT Tahunan PPh Orang Pribadi miliknya dengan memasukkannya ke drop box SPT Tahunan yang disediakan oleh kantor DJP Jawa Timur II.

Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah dalam kesempatan tersebut menyampaikan bahwa pajak merupakan sumber APBN yang mempunyai peranan penting dalam peningkatan pelayanan publik. Oleh karena itu Pemerintah Kabupaten Sidoarjo selalu berupaya untuk meningkatkan pencapaian target pajak di sektor riil.

Salah satu upaya dalam meningkatkan dan penerimaan sektor pajak ujar H. Saiful Ilah adalah melalui pekan panutan penyampaian SPT tahunan wajib pajak orang pribadi tahun 2012 kali ini. Masih menurut  bupati Sidoarjo bahwa pajak memegang peranan penting dalam pembangunan. Hal tersebut tidak bisa dipungkiri karena hampir sekitar 70% APBN ditopang dari penerimaan pajak. Sedangkan untuk kepentingan Pemerintah Daerah ujarnya akan terwujud dalam pembagian Dana Alokasi Umum (DAU) dan Dana Alokasi Khusus (DAK), serta Bagi hasil PPh Pasal 21 Orang Pribadi dan Dana Insentif Daerah serta Dana Otonomi Khusus.

Untuk itu lanjut Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah Pekan Panutan Penyampaian SPT Tahunan PPh Orang Pribadi tahun pajak 2012 dilaksanakan guna mendukung peningkatan kepatuhan penyampaian SPT Tahunan PPh Orang Pribadi semua warga negara.

Tujuan Pekan Panutan ini adalah untuk mendorong kepada seluruh wajib pajak yang ada di Kabupaten Sidoarjo, khususnya para Pejabat di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Sidoarjo untuk segera melaksanakan kewajiban penyampaian SPT Tahunan PPh Orang Pribadi lebih awal, sampainya.

Sementara itu Kepala Kantor Wilayah DJP Jawa Timur II Agus Hudiyono yang hadir berharap lewat contoh yang dilakukan bupati Sidoarjo bersama pejabatnya dalam menyampaian SPT Tahunan Orang Pribadi miliknya lebih awal nantinya dapat diikuti oleh seluruh warganya. Ia berharap kepada masyarakat agar nantinya dalam menyampaikan SPT Tahunan PPh Orang Pribadi miliknya tidak lagi menunggu akhir bulan Maret ini.(humas/git)