Kabupaten Sidoarjo
Sidoarjo Permai Bersih Hatinya
° C
Kabupaten Sidoarjo Beri Penghargaan Kepada Awak Kendaraan Umum Teladan
Dilihat
411
Penulis:
2015-05-05 01:36:05




HUMASPROTOKOLSidoarjo.- Pemerintah Kabupaten Sidoarjo mengapresiasi para sopir atas kepeduliannya terhadap keselamatan jalan. Apresiasi tersebut diwujudkan dengan diberikannya penghargaan kepada para sopir atau awak kendaraan umum yang dinilai menjadi teladan di jalan.


Penilaian tersebut dilakukan dengan memberikan pemahaman dan pengetahuan kepada para juru mudi oleh Dinas Perhubungan Sidoarjo. Tiga nara sumber dihadirkan dalam kegiatan yang dikemas dalam Pemilihan dan Pemberian Penghargaan Kepada Sopir/Juru Mudi/Awak Kendaraan Umum Teladan (AKUT) Tingkat Kabupaten Sidoarjo Tahun 2015.  Seperti dari Polres Sidoarjo, Akademisi perguruan tinggi serta UPT LLAJ Provinsi Jawa Timur. Kegiatan yang dibuka oleh Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah SH, M.Hum tersebut diselenggarakan di Balai Diklat Kabupaten Sidoarjo, Selasa (5/5). 100 orang sopir angkutan umum diundang dalam kesempatan itu.


Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah yang hadir didampingi Wakil Bupati Sidoarjo H. MG Hadi Sutjipto SH,MM mengatakan tingkat kejadian kecelakaan yang melibatkan angkutan umum cukup tinggi. Hal itu mengakibatkan kerugian  yang tidak sedikit. Kerugian materiil maupun jiwa akibat kecelakaan pasti terjadi.


Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah mengatakan keselamatan jalan bukan semata-mata masalah teknik transportasi, lalu lintas maupun kendaraan bermotor atau infrastruktur jalan. Namun lebih menyangkut kepada sumber daya  manusia dengan segala tingkah lakunya di jalan raya. Oleh karena itu ujarnya, keselamatan jalan merupakan tanggungjawab bersama. Pemerintah bersama masyarakat serta dunia usaha yang bergerak di bidang angkutan diharapkan dapat ikut andil dalam menciptakan keselamatan jalan.


Dalam kesempatan tersebut Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah juga mengatakan pengemudi yang kurang siap dan sembrono di jalan adalah penyebab pertama terjadinya kecelakaan. Untuk itu para pengemudi diminta untuk lebih memahami dan mematuhi aturan-aturan yang telah ditetapkan dalam berlalu lintas. Pasalnya ia mengibaratkan mengemudikan kendaraan umum di jalan raya seperti  berada di medan perang. Artinya tingkat resiko dan bahayanya sama. Yakni selamat, luka-luka atau bahkan meninggal dunia akibat kecelakaan yang terjadi.


Pemerintah Kabupaten Sidoarjo lanjut Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah akan terus berupaya menurunankan  angka kecelakaan lalu lintas. Salah satunya dengan memberikan pembinaan terhadap juru mudi yang ada di Kabupaten Sidoarjo.


Awak kendaraan angkutan umum seperti sopir angkot, sopir taksi maupun sopir bus dibina agar lebih memahami peraturan-peraturan di jalan raya. Selain itu dengan pembinaan yang dilakukan diharapkan para sopir angkutan umum mempunyai etika, mental dan displin yang baik dalam mengoperasikan kendaraan di jalan. Dengan begitu akan tercipta kondisi lalu lintas yang selamat, aman, nyaman, lancar serta tertib dan dapat di andalkan. (humas/git)