Kabupaten Sidoarjo
Sidoarjo Permai Bersih Hatinya
° C
Baru pertama kali Ada, Posbindu Untuk PNS di Kabupaten Sidoarjo
Dilihat
209
Penulis: Super Admin
2015-04-23 04:18:01




HUMAS PROTOKOL, Sidoarjo – Kabar gembira pagi para Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Kabupaten Sidoarjo, karena sebentar lagi di setiap SKPD di Kabupaten Sidoarjo akan dibentuk Pos Pembinaan Terpadu (POSBINDU).

Program pembaharuan Sosialisasi Kegiatan Posbindu Penyakit Tidak Menular (PTM) di Instansi Pemerintah oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sidoarjo, Dr. Ika Harnasti, pagi tadi (23/4) dibuka langsung oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Sidoarjo, H. Vino Rudi Muntiawan, SH di Ruang Rapat Delta Karya Kabupaten Sidoarjo.

Menurut Sekretaris Daerah Kabupaten Sidoarjo, Vino Rudi Muntiawan, SH, bahwa kalau pembentukan Posbindu di Instansi ini, benar – benar terwujud, ini baru pertama kali terjadi ada di kabupaten Sidoarjo, atau bahkan baru pertama kali di Indonesia. Biasanya Posbindu ini dibentuk dilingkungan masyarakat.

Dan sebenarnya Sosialisasi Kegiatan Posbindu PTM di Instansi Pemerintah ini merupakan program dari Dr. Ika Harnasti selaku kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sidoarjo yang sedang mengikuti Diklat PIM II. Program pembaharuan ini merupakan persyaratan untuk kelulusan dalam diklat PIM II. Karena yang mengikuti Diklat PIM  ini adalah kepala Dinas Maka yang bertindak sebagai mentor adalah kepala diatasnya (Sekda).

Untuk itu melalui forum ini, saya berharap para kepala SKPD atau yang mewakili, mari kita dukung program ini, melalui Posbindu ini akses pelayanan kesehatan semakin dekat dengan kita, selain itu Ibu Ika selaku kepala Dinas Kesehatan bisa lulus Diklat PIM II dengan predikat yang bagus, tandas Vino.

Kepala BKD Sidoarjo, Sri Witarsih, SH, yang turut hadir dalam acara tersebut menyambut baik program pembaharuan yang dipaparkan oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sidoarjo ini. Dengan adanya program ini, berarti turut serta mensukseskan Undang – undang ASN yang sedang diberlakukan bagi para PNS, terutama di Kabupaten Sidoarjo.

Mengingat, beban kerja PNS dengan undang – undang ASN ini semakin berat, kesejahteraan PNS ini diukur dari kinerjanya masing – masing. Untuk itu, saya berharap dengan adanya program pembaharuan ini, akan dapat meningkatkan derajat kesehatan PNS di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sidoarjo, dengan demikian kinerja yang dihasilkan juga akan semakin baik.

Sementara itu, Dr. Ika Harnasti memaparkan secara teknis tentang pelaksanaan program ini. Di masing – masing SKPD akan diambil lima orang sebagai kader di Posbindu, yang akan dilatih untuk memberikan pelayanan di unit kerjanya.

Kader Posbindu ini tetap akan mendapat pendampingan dari puskesmas dan Dinas Kesehatan dalam pelaksanaan di lapangan. Program ini akan kita laksanakan secara kontinyu dengan diatur jadwal pelaksanaannya sesuai dengan kesepatan SKPD, jadi program ini tidak berhenti hanya sebatas sebagai persyaratan Diklat PIM saja.

Untuk saat ini, sasaran Posbindu baru kita arahkan untuk SKPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sidoarjo dulu, dan untuk kedepannya kita upayakan di perusahaan swasta dan instansi lainnya, jelas Ika. (humas /en)