Kabupaten Sidoarjo
Sidoarjo Permai Bersih Hatinya
° C
TP-PKK Kabupaten Sidoarjo Rutin Bantu Lansia
Dilihat
514
Penulis:
2015-04-22 02:50:25




HUMASPROTOKOLSidoarjo.- Lewat pengajian rutin yang digelarnya di tiap kecamatan, TP-PKK Kabupaten Sidoarjo selalu bagikan bingkisan kepada para Lanjut Usia (Lansia) kurang mampu di wilayah tersebut. Seperti halnya yang dilakukan di Kantor Kecamatan Tulangan, Rabu (22/4). Ketua TP-PKK Kabupaten Sidoarjo Ny.Hj. Anik Saiful Ilah yang datang bersama pengurusnya memberikan bingkisan Sembako kepada 30 Lansia yang ada di Kecamatan Tulangan. Selain bingkisan, uang santunan juga diberikan kepada masing-masing Lansia yang ada di wilayah tersebut.


Dalam kesempatan tersebut, istri dari Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah SH, M.Hum itu juga menyerahkan bingkisan berupa biskuit bagi ibu hamil. 85 kardus biskuit ibu hamil diserahkannya kepada ketua TP-PKK Kecamatan Tulangan dan ketua TP-PKK desa/kelurahan di kecamatan tersebut.


Usai menyerahkan bantuan, Ketua TP-PKK Kabupaten Sidoarjo Ny. Hj. Anik Saiful Ilah berharap bantuan tersebut dapat bermanfaat. Ia juga berharap bantuan tersebut tidak dilihat dari nilainya, tetapi kepedulian yang ditunjukkan oleh TP-PKK Kabupaten Sidoarjo. Untuk itu ia meminta kepada penerima untuk menerimanya dengan senang hati.


Dalam kesempatan itu pula, ia meminta TP-PKK kecamatan maupun desa/kelurahan untuk dapat menyalurkan biskuit ibu hamil kepada yang membutuhkan. Diharapkan makanan tambahan tersebut dapat mencukupi kebutuhan nutrisi ibu hamil. Ia juga meminta kepada Puskesmas untuk ikut serta dalam pendistribusiannya kepada para ibu hamil.


Dalam pengajian yang dihadiri ratusan ibu-ibu tersebut, Ketua TP-PKK Kabupaten Sidoarjo Ny. Hj. Anik Saiful Ilah menyampaikan digelarnya pengajian rutin sebagai upaya peningkatan iman dan taqwa. Selain itu untuk mempererat tali silaturahmi dan meningkatkan jalinan ukuwah islamiyah diantara sesama. Oleh karena itu sesekali pengajian TP-PKK Sidoarjo diselengarakan di kantor kecamatan maupun desa/kelurahan. Seperti pengajian kali ini yang diselenggarakan di kantor Kecamatan Tulangan.


Ia berharap ilmu yang di peroleh dari pengajian tersebut dapat bermanfaat. Selain itu ia meminta ilmu yang didapat melalui ceramah agama dapat di amalkannya dalam kehidupan sehari-hari. Agar menjadi manusia yang bermanfaat dan mulia di sisi Allah SWT.


Ketua TP-PKK Kabupaten Sidoarjo, Ny. Hj. Anik Saiful Ilah dalam kesempatan tersebut memberikan apresiasi dan penghargaan kepada seluruh kader PKK yang telah mengabdi tanpa pamrih dalam memberdayakan dan mensejahterakan keluarga dan  masyarakat melalui gerakan PKK.  Ia berharap para kader PKK kecamatan, desa/kelurahan, sampai pada tingkat dasawisma dapat lebih bersemangat dan meningkatkan kiprah dan pengabdian dalam turut serta membantu pelaksanaan pembangunan di Kabupaten Sidoarjo.


Ny. Hj. Anik Saiful Ilah juga menekankan kepada ibu-ibu kader agar terus berpartisipasi aktif dalam penurunan Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Bayi (AKB). Agar AKI dan AKB yang masih cukup tinggi di Kabupaten Sidoarjo dapat ditekan.  Hal tersebut dapat dilakukan dengan memberikan perhatian khusus pada balita gizi buruk dan melakukan pendampingan bagi ibu hamil resiko tinggi. Selain itu dapat dilakukan dengan mengajak para ibu hamil untuk memeriksakan kehamilannya secara rutin serta menggalakkan kegiatan Taman Posyandu.


Para kader PKK dapat melakukan pendataan, pendampingan, dan evaluasi serta dapat bekerjasama dengan seluruh sektor terkait di wilayah kecamatan, desa dan kelurahan, ujarnya.


Diakhir sambutannya, Ketua TP-PKK Kabupaten Sidoarjo Ny.Hj. Anik Saiful Ilah berpesan kepada bapak Camat serta kepala desa/kelurahan selaku pembina TP. PKK kecamatan dan desa/kelurahan yang hadir untuk terus memberikan support, perhatian dan motivasi kepada Ibu-Ibu TP. PKK dalam menjalankan peran dan tugasnya. Hal tersebut dibutuhkan agar program kerja yang disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan diwilayahnya masing-masing dapat terwujud. (humas/git)