Kabupaten Sidoarjo
Sidoarjo Permai Bersih Hatinya
° C
TP-PKK Kabupaten Sidoarjo Dukung Gerakan Pencegahan dan Deteksi Dini Kanker Serviks
Dilihat
473
Penulis:
2015-04-21 01:24:20




HUMASPROTOKOLSidoarjo.- Program Nasional Gerakan Pencegahan dan Deteksi Dini Kanker Leher Rahim (Serviks) pada perempuan Indonesia mendapat perhatian TP-PKK Kabupaten Sidoarjo. Bertepatan dengan Hari Kartini 21 April, Ketua TP-PKK Kabupaten Sidoarjo Ny. Hj. Anik Saiful Ilah beserta pengurusnya mengunjungi Puskesmas Sidoarjo, Selasa (21/4).


Ny. Hj. Anik Saiful Ilah yang didampingi oleh Wakil Ketua I dan II TP-PKK Kabupaten Sidoarjo, Ny. Hj. Nanik Hadi Sutjipto dan Ny. Hj. Nun Vino Rudy Muntiawan melihat langsung pemeriksaan kanker servik yang dilakukan Puskesmas tersebut.  Pemeriksaan kanker servik dengan metode IVA (Inspeksi Visual dengan Asam Asetat) diterapkan Puskesmas Sidoarjo kepada masyarakat yang dilayaninya.


Ketua TP-PKK Kabupaten Sidoarjo Ny. Hj. Anik Saiful Ilah menghimbau kepada kaum perempuan untuk rajin memeriksakan kesehatannya. Terutama kesehatan yang berhubungan dengan alat reproduksi. Ia meminta kepada masyarakat untuk tidak takut memeriksakan kesehatannya ke Puskesmas. Pemeriksaan penting dilakukan guna mendeteksi penyakit sejak dini. Dengan diketahuinya penyakit sejak awal, maka secepatnya penyakit tersebut dapat segera diobati.


Untuk itu, istri dari Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah SH,M.Hum tersebut berharap masyarakat dapat segera memeriksakan kesehatannya sedini mungkin. Dengan memanfaatkan biaya pengobatan gratis menggunakan fasilitas Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda) maupun Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS), masyarakat dapat berbondong-bondong mendatangi Puskesmas terdekat.


Teman-teman diajak semua untuk memeriksakan kesehatannya ya  ibu-ibu, pesannya kepada ibu-ibu yang sedang memeriksakan kesehatannya.


Dalam kesempatan tersebut, Ny. Hj. Anik Saiful Ilah juga berpesan untuk menjaga kesehatan. Menjaga kesehatan dapat dilakukan dengan menjaga kebersihan. Dengan menjaga kebersihan, seseorang akan terhindar dari berbagai penyakit.


Lebih baik mencegah dari pada mengobati, sampai Ketua TP-PKK Kabupaten Sidoarjo Ny. Hj. Anik Saiful Ilah.


Menandai Gerakan Pencegahan dan Deteksi Dini Kanker Serviks yang juga serentak di lakukan di Puskesmas yang ada di Kabupaten Sidoarjo, penyematan pin dilakukan ketua TP-PKK Kabupaten Sidoarjo kepada kepala Puskesmas Sidoarjo. (humas/git)