Kabupaten Sidoarjo
Sidoarjo Permai Bersih Hatinya
° C
KIM “Melati” Kabupaten Sidoarjo Juara Tiga Lomba LCCK KIM Provinsi Jawa Timur
Dilihat
508
Penulis:
2015-04-20 12:29:19




HUMASPROTOKOLSidoarjo.- Mewakili Bakorwil (Badan Koordinasi Wilayah) Pamekasan, KIM (Kelompok Informasi Masyarakat) Melati Kabupaten Sidoarjo menjadi juara ke tiga dalam grand final Lomba Cerdik Cermat Komunikatif (LCCK) KIM Provinsi Jawa Timur, kemarin, Minggu (19/4). LCCK yang berlangsung di halaman GOR Bung Karno Kabupaten Nganjuk tersebut di buka oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Timur, Ir. Eddy Santoso, MM.


Empat KIM dari kabupaten/kota di Jawa Timur menjadi peserta LCCK dalam pekan KIM Jawa Timur ke VIII tahun 2015. Mereka ditunjuk mewakili Bakorwil masing-masing dalam lomba LCCK tahun ini. Pasalnya, mereka adalah pemenang pertama dalam lomba serupa di tiap Bakorwil di Jawa Timur. Seperti Bakorwil Madiun yang di wakili oleh KIM Sido Mulyo Kabupaten Nganjuk, Bakorwil Malang yang diwakili oleh KIM Gentong Mas Kota Pasuruan serta Bakorwil Bojonegoro yang diwakili oleh KIM Suka Maju Kabupaten Lamongan dan Bakorwil Pamekasan yang diwakili oleh KIM Melati Kabupaten Sidoarjo.


Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Timur, Ir. Eddy Santoso dalam sambutannya mengatakan grand final LCCK merupakan puncak kegiatan LCCK KIM Provinsi Jawa Timur yang dilaksanakan sejak tahun 2014 lalu. Namun sampai Ir. Eddy Santoso, bukan berarti puncak kegiatan LCCK menjadi penanda berakhirnya kegiatan menumbuhkembangkan KIM yang dilakukannya. Ia katakan pembinaan KIM di Jawa Timur terus ia lakukan. Sebab kebutuhan masyarakat akan informasi semakin hari semakin besar.


Untuk itu sampai Ir. Eddy Santoso, KIM sebagai suatu lembaga masyarakat dibutuhkan untuk mewadai kebutuhan masyarakat akan informasi. KIM sebagai lembaga yang berada di tengah-tengah masyarakat diharapkannya mampu hadir untuk menjalankan fungsi tersebut. Dan Kominfo sebagai pembina KIM di daerah harus mendukung kelancaran langkah gerak KIM di masyarakat.


Kelompok Informasi Masyarakat sebagai media yang hadir ditengah-tengah masyarakat diharapkan mampu untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan informasi, sampainya.


Dalam kesempatan tersebut, ia menilai KIM memiliki potensi yang besar dalam penyebarluasan informasi secara cepat dan akurat ditengah-tengah masyarakat. Penyebaran informasi melalui KIM tidak kalah cepat dan akuratnya dengan media massa yang sudah ada. Melihat seperti itu, pemerintah memberikan perhatian yang lebih terhadap kelompok masyarakat seperti ini.


Lomba Cerdik Cermat Komunikatif ini adalah salah satu bentuk perhatian Pemerintah Provinsi Jawa Timur dalam melakukan pembinaan bagi anggota KIM se-Jawa Timur, ujarnya.


Pembinaan yang berbentuk kompetisi tersebut diharapkan Kadin Kominfo Jawa Timur dapat memacu KIM yang ada di tiap kabupaten/kota untuk berlomba-lomba meningkatkan kompetensinya. Baik itu peningkatan kemampuan kognitif maupun kemampuan berkomunikasi dengan masyarakat. LCCK yang diadakan berjenjang mulai tingkat kabupaten/kota sampai tingkat Bakorwil hingga tingkat provinsi diharapkannya mampu memunculkan KIM yang benar-benar berkualitas di masing-masing wilayah.


Serta tentu saja, harapan kita semua akan ada LCCK di tingkat nasional, harapnya.


Dalam LCCK tahun ini, empat babak penilaian harus dilewati masing-masing peserta untuk menjadi yang terbaik. Babak pertama, masing-masing KIM diminta mempresentasikan keberhasilannya dalam mengelola produk unggulannya. Selain itu masing-masing peserta juga diminta menampilkan keberhasilannya dalam meyebarluaskan informasi dengan memanfaatkan teknologi informasi.


Pada babak kedua, masing-masing peserta diminta mempresentasikan blog yang dimilikinya. Ditambah juga dengan presentasi Majalah Dinding (Mading) kepada masing-masing peserta. Penilaian tersebut sebagai acuan apakah masing-masing KIM telah memnfaatkan blog atau Mading sebagai media penyebarluasan informasi dan media komunikasi dengan masyarakat.


Babak ketiga adalah babak cerdas cermat. Babak ini untuk melihat kemampuan kognisi KIM dengan berbagai pertanyaan rebutan yang diberikan oleh dewan juri. Sedangkan babak ke empat atau babak terakhir adalah babak fragmen atau dialog. Dalam babak ini, setiap KIM diminta memaparkan analisis terhadap contoh kasus yang diberikan melalui penampilan komunikasi lisan.


Dan dalam LCCK tahun ini, dewan juri dari akedemisi Unair Surabaya serta Stikosa Surabaya serta dari praktisi media dan Dinas Kominfo Jawa Timur memberikan penilaian terbaik pertama kepada KIM Sido Mulyo Kabupaten Nganjuk. Dengan total nilai 450,6, KIM Sido Mulyo yang mewakili Bakorwil Madiun dinobatkan sebagai juara pertamanya. Kemudian disusul oleh KIM Suka Maju Kabupaten Lamongan yang mewakili Bakorwil Bojonegoro sebagai jua