Kabupaten Sidoarjo
Sidoarjo Permai Bersih Hatinya
° C
TP-PKK Kabupaten Sidoarjo Latih Anggotanya Kelola Perpustakaan
Dilihat
445
Penulis:
2015-04-16 03:20:25




HUMASPROTOKOLSidoarjo.- Anggota Tim Penggerak PKK kecamatan serta desa/kelurahan dilatih mengelola perpustakaan desa/kelurahan, Kamis (16/4) di Pendopo Delta Wibawa Sidoarjo. Melalui Pelatihan Petugas Pengelola Perpustakaan diharapkan anggota TP-PKK kecamatan dan desa/kelurahan yang mengelola perpustakaan semakin trampil dalam mengelola perpustakaannya.


200 orang lebih petugas pengelola perpustakaan kecamatan maupun desa/kelurahan hadir dalam pelatihan yang dibuka oleh Ketua TP-PKK Kabupaten Sidoarjo Ny. Hj. Anik Saiful Ilah tersebut. Wakil Ketua I dan II TP-PKK Kabupaten Sidoarjo Ny. Hj. Nanik Hadi Sutjipto dan Ny. Hj. Nun Vino Rudy Muntiawan hadir dalam kesempatan tersebut.


Ketua TP-PKK Kabupaten Sidoarjo Ny. Hj. Anik Saiful Ilah dalam sambutannya menyampaikan bahwa peran perpustakaan saat ini tidak dapat dipandang sebelah mata. Perpustakaan merupakan jantung pendidikan dan juga sumber informasi yang dapat dimanfaatkan masyarakat banyak. Selain itu, perpustakaan bisa dikatakan sebagai sarana pembelajaran masyarakat sepanjang hayat.


Untuk itu sampainya, perpustakaan harus dapat dikelola dengan baik agar terus maju dan berkembang. Kemajuan perpustakaan tidak terlepas dari petugas pengelola perpustakaan. Sumber Daya Manusia (SDM) petugas perpustakaan yang trampil dan inovatif akan dapat memajukan suatu perpustakaan. Pengelola perpustakaan yang berkemampuan dan kreatif mutlak diperlukan untuk mendukung gerakan masyarakat gemar  membaca. Sehingga upaya peningkatan minat baca masyarakat dapat terwujud.


Untuk itu sambung Ny. Hj. Anik Saiful Ilah, TP-PKK Kabupaten Sidoarjo mengadakan kegiatan Pelatihan Pengelolaan Perpustakaan. Diharapkan juga melalui kegiatan tersebut menjadikan perpustakaan yang dikelola oleh PKK mampu berjalan seiring dengan perpustakaan desa/kelurahan. Untuk itu pelatihan semacam ini akan terus menerus dan berkelanjutan dilaksanakannya.  Hal itu dilakukan tidak lain bertujuan untuk membudayakan gemar membaca dan meningkatkan sumber daya manusia serta kemandirian masyarakat khususnya masyarakat dipedesaan.


Pelatihan ini merupakan upaya yang baik bagi pengelola perpustakaan sebagai sarana komunikasi, koordinasi, konsolidasi serta sinkronisasi dalam menjalankan pengelolaan perpustakaan yang lebih baik, ujarnya.


Ny. Hj. Anik Saiful Ilah yang merupakan istri Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah SH,M.Hum juga mengatakan menumbuhkan masyarakat gemar membaca merupakan tugas bersama. Untuk itu organisasi PKK ikut serta dalam mewujudkan gerakan gemar membaca. Salah satunya diwujudkan melalui pengelolaan perpustakaan oleh anggota PKK di tingkat kecamatan maupun desa/kelurahan. Untuk itu ia berharap semua perpustakaan yang dikelola oleh PKK dapat berkembang bersama. Dan ke depan ia juga berharap agar perpustakaan yang dikelola PKK dapat menjadi sarana  yang diminati masyarakat sebagai pusat informasi dan pembelajaran bagi masyarakat luas.


Dalam kesmepatan tersebut, dua narasumber dari kantor Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Sidoarjo dihadirkan. Materi tentang pengadministrasian dalam perpustakaan serta penginventarisasian buku perpustakaan diberikan.(humas/git)