Kabupaten Sidoarjo
Sidoarjo Permai Bersih Hatinya
° C
Kembangkan KIM, P3M Gandeng IUWASH Lakukan Sosialisasi
Dilihat
309
Penulis:
2015-03-31 04:27:49




HUMASPROTOKOL, Sidoarjo - Mengembangkan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) di Kabupaten Sidoarjo agar semakin baik sebagai salah satu upaya pemberdayaan masyarakat, Bagian Humas dan Protokol melalui P3M (Pusat Pelayanan Pengaduan Masyarakat) Kabupaten Sidoarjo menggelar Sosialisasi Kelompok Informasi Masyarakat. Kali ini P3M bekerja sama dengan IUWASH dalam mensosialisasikan KIM yang ditujukan untuk kecamatan Waru ini dilangsungkan di Balai Kecamatan, Selasa (31/03).


Kepala Bagian Humas dan Protokol Kabupaten Sidoarjo H.Machmudi Alie, SH menyampaikan bahwa KIM di Kabupaten Sidoarjo selama ini sudah menyabet berbagai prestasi. Dengan terus melakukan pembinaan yang berkesinambungan seperti saat ini diharapkan ke depan KIM di Kabupaten Sidoarjo bisa semakin menunjukan eksistensinya.


Melalui KIM diharapkan masyarakat Kabupaten Sidoarjo bisa semakin mengembangkan berbagai potensi yang dimiliki dengan mengandalkan media internet, jelas Machmudi, Selasa (31/03).


Demi bisa mewujudkan cita-cita itu, sumber daya manusia (SDM) yang mengelola KIM harus benar-benar handal. Karena itu melalui kegiatan sosialisasi seperti saat ini diharapkan pengelola KIM di Kabupaten Sidoarjo bisa semakin mumpuni.


KIM diharapkan bisa semakin menjadi mitra pemerintah dalam penyebarluasan informasi pembangunan kepada masyarakat. Dalam hal ini KIM berfungsi sebagai mediator komunikasi dan informasi dari pemerintah kepada masyarakat dan demikian pula sebaliknya. Selain itu KIM juga berfungsi sebagai penerima dan penyebar informasi yang berinteraksi langsung dengan masyarakat.


Jumlah KIM di Kabupaten Sidoarjo saat ini sudah mencapai angka delapan yang tersebar di delapan kecamatan di Kabupaten Sidorajo. Jika bisa dimanfaatkan dengan baik maka akan sangat bagus untuk memajukan Kabupaten Sidoarjo melalui media informasi, tegas Machmudi.


Dengan sudah tersebarnya KIM ke beberapa kecamatan yang ada di Kabupaten Sidoarjo, KIM sangat berpotensi untuk memotret dengan lebih dalam berbagai potensi yang ada dimasyarakat. Dari potret yang ada itu kemudian dikembangkan dan diangkat sehingga bisa semakin mengembangkan masyarakat Kabupaten Sidoarjo di berbagai bidang, baik itu di bidang sejarah, pemerintahan, sosial budaya, religius, produk unggulan, perekonomian, dan lain-lain.


Machmudi menyebutkan sejak didirikan tahun 2010 lalu, KIM Melati Kabupaten Sidoarjo sudah menyabet berbagai prestasi, mulai dari meraih juara I Lomba Cerdik Cermat Komunikatif (LCCK) Bakorwil Pamekasan 2014 dan tahun 2015 nanti akan mengikuti LCCK tingkat Propinsi.


Selain itu, "KIM Melati yang berlokasi di Desa Siwalan Panji Kecamatan Buduran ini juga menjadi rujukan studi banding, seperti Rombongan dari DPR RI juga tamu dari luar negeri pernah menyempatkan berkunjung", ujar Ketua KIM Melati Listyowati.


Sementara itu, dari IUWASH Drs. Imam memaparkan kepada kelompok masyarakat yang ada di Kecamatan Waru,menurut Imam dengan dibentuknya KIM di kecamatan Waru akan sangat banyak manfaatnya, mengingat jumlah penduduk di kecamatan Waru menduduki peringkat pertama terbanyak dibanding dengan kecamatan lain di Kabupaten Sidoarjo, artinya KIM sangat dibutuhkan sekali guna media informasi dan media sosialiasi bagi masyarakat Waru.


Meski begitu, Imam juga menekankan kepada peserta yang hadir bahwa selain perlunya segera di bentuk KIM ada yang lebih penting lagi yaitu kualitas sumber daya manusianya, "dimana KIM akan bisa berjalan efektif dan sesuai harapan apabila SDMnya memiliki komitmen bersama untuk memajukan daerahnya", jelas Imam. (humas/ir).