Kabupaten Sidoarjo
Sidoarjo Permai Bersih Hatinya
° C
Pemerintah Kabupaten Sidoarjo Fasilitasi Manajer dan Kasir Koperasi Peroleh Sertifikat SKKNI
Dilihat
1070
Penulis:
2015-03-31 04:25:48




HUMASPROTOKOLSidoarjo.- Ada sebanyak 168 pengelola koperasi di Sidoarjo yang sudah memiliki sertifikat SKKNI (Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia) dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP). Mereka terdiri dari 130 manajer koperasi serta 38 tenaga kasir koperasi. Pengelola koperasi bersertifikasi ini tidak terlepas dari peran serta Pemda Sidoarjo. Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) diberikan kepada pengelola koperasi sebagai bekal ujian untuk mendapatkan sertifikat SKKNI.


Kepala Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian, Perdagangan dan ESDM Kabupaten Sidoarjo Fenny Apridawati, SKM, M.Kes kemarin, Senin (30/3) mengatakan, setiap koperasi wajib ada tenaga yang sudah mengantongi sertifikat SKKNI. Hal itu menjadi prasyarat yang sudah di atur dalam Peraturan Menteri (Permen) Koperasi dan UKM R.I. Dalam Permen tersebut ia katakan bahwa setiap koperasi minimimal harus ada satu tenaga pengelola, pengawas ataupun pembina yang terampil dengan dibuktikan telah memiliki sertifikat SKKNI. Dengan begitu, koperasi yang berkualitas dapat terwujud.


Untuk itu melalui instansinya, Kabupaten Sidoarjo tidak henti-hentinya memfasilitasi pengelola koperasi untuk mendapatkan sertifikat SKKNI tersebut. Selama kurun waktu 4 tahun, mulai tahun 2011 sampai tahun 2014, sudah ada 168 pengelola koperasi kompeten di Sidoarjo. Namun itu masih jauh dari harapan, pasalnya koperasi di Kabupaten Sidoarjo sebanyak 1.321 koperasi.


Untuk tahun ini ujar Fenny, APBD untuk Diklat SKKNI telah disiapkan bagi 40 koperasi yang ada di Sidoarjo. Kabupaten Sidoarjo hanya memberikan Diklat mata kuliah untuk menghadapi ujian sertifikat SKKNI. Sedangkan untuk tahap ujian sertifikat SKKNI,  peserta dikenakan biaya mandiri. Meski demikian, ia berharap tidak akan mengurangi keikutsertaan koperasi dalam ujian sertifikat SKKNI. Pasalnya sertifikat tersebut sebagai salah satu tolak ukur koperasi yang berkualitas. (humas/git)