Kabupaten Sidoarjo
Sidoarjo Permai Bersih Hatinya
° C
Pengukuhan Pengurus FKKG Penjasorkes SD Kabupaten Sidoarjo Periode 2012-2016
Dilihat
215
Penulis: Super Admin
2013-03-07 09:10:01




HUMASPROTOKOL, Sidoarjo – Dengan tujuan meningkatkan dan mengembangkan sumber daya guru-guru Pendidikan Jasmani dan Olahraga Kesehatan (Penjasorkes) di Sekolah Dasar, dan dalam upaya meningkatkan mutu proses dan hasil kegiatan belajar, maka pagi ini (7/3) sebanyak 41 pengurus Forum Kelompok Kerja Guru (FKKG) Penjasorkes SD dikukuhkan oleh Wakil Bupati Sidoarjo, MG. Hadi Sutjipto, SH, MM. di Ruang Delta Graha Sekretariat Daerah Kabupaten Sidoarjo.

Wakil Bupati dalam sambutannya menyatakan bahwa guru penjaskes pada Sekolah Dasar memiliki peranan yang strategis dalam mewujudkan tujuan pendidikan nasional karena langsung berhubungan dengan peserta didik dalam peningkatan pendidikan jasmani dan kesehatan Sekolah Dasar.

Dan agar tujuan FKKG Penjasorkes SD dapat tercapai dengan optimal maka beberapa hal harus menjadi pertimbangan antara lain : penentuan kebutuhan pendidikan dan latihan yang komprehensif, penetapan tujuan yang bersifat umum  dan komprehensif, pemilihan metode, pemilihan media, implementasi program, evaluasi program.

Mudah-mudahan dengan wadah ini bisa menciptakan siswa - siswi gemar berolahraga dan Sidoarjo bisa meningkatkan prestasi di Porprov tahun ini di Madiun harap Hadi.

Dalam kesempatan ini, Hadi juga menyampaikan bahwa Sidoarjo akan membangun sarana olahraga dan kesenian di daerah lingkar timur. Seperti halnya padepokan Pencak Silat dan fasilitas olahraga lainnya, termasuk olahraga ekstrim yang saat ini banyak diminati anak-anak muda.

Kepala Dinas Pendidikan Ir. Agoes Boedi Tjahjono, MT sangat mengapresiasi kemandirian dan semangat FKKG Penjasorkes SD, karena selain berkiprah membentuk kelompok kerja tapi juga sukses menggelar liga sepakbola SD beberapa waktu lalu.

Saya berharap FKKG Penjasorkes SD dapat memajukan olahraga pendidikan, juga mengembangkan olahraga rekreasi, bersinergi dengan Disporabudpar sebagai pembina teknisnya ujar Agoes.

Agoes juga melaporkan bahwa FKKG Penjasorkes SD bekerjasama dengan Perbasi, Disporabudpar dan beberapa sponsor dalam waktu dekat akan menggelar even Bola Basket Mini On The Street.

Bersamaan dengan pengukuhan pengurus FKKG Penjasorkes SD ini juga diadakan Workshop Olahraga Tradisional untuk guru-guru olahraga. Dimana disampaikan bahwa olahraga tradisional dapat dikembangkan menjadi olahraga rekreasi yang berbasis masyarakat dengan setidaknya memperhatikan unsur 5M yaitu : mudah, murah, menarik, manfaat, massa. (humas/lin)