Kabupaten Sidoarjo
Sidoarjo Permai Bersih Hatinya
° C
Bupati Sidoarjo Buka Musrenbang Tahun 2015, Perioritaskan Lima Program Pembangunan
Dilihat
728
Penulis:
2015-03-26 02:31:58




HUMASPROTOKOL, Sidoarjo - Bupati Sidoarjo, H. Saiful Ilah, SH, M. Hum, Rabu (25/3) membuka secara langsung Musyawarah Perencanaan Pembangunan Daerah (Musrenbang) Kab. Sidoarjo Tahun 2015. Acara yang diselenggarakan di Pendopo Delta Nugraha ini dihadiri pula oleh jajaran Forum Pimpinan Daerah (FORPIMDA) Kab. Sidoarjo, diantaranya Wakil Bupati Sidoarjo H. MG. Hadi Sutjipto, SH, MM, Sekda Kabupaten Sidoarjo H. Vino Rudy Muntiawan, SH, Ketua DPRD Kab. Sidoarjo H. Sulamul Hadi Nurmawan, S.TI  beserta wakil dan anggota, Kepala Bappeda Propinsi Jawa Timur, Kepala Bakorwil Pemerintahan dan Pembangunan Pamekasan, serta para asisten dan staf ahli Bupati dan kepala SKPD di Lingkungan Pemkab. Sidoarjo.


Dalam laporannya, Kepala Bappeda Kab. Sidoarjo, Ir. Sulaksono menjelaskan bahwa maksud dan tujuan dari kegiatan tersebut diantaranya untuk menyusun Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Kab. Sidoarjo Tahun 2016 agar selaras dengan program pemerintah pusat, dan Provinsi Jawa Timur. Diterangkannya pula bahwa Musrenbang tingkat kabupaten ini telah diawali terlebih dulu dengan Musrenbang tingkat desa, Musrenbang tingkat kecamatan. Kami berharap forum ini dapat menjadi media penyempurna rancangan RKPD tahun 2016 dan rancangan Renja SKPD termasuk didalamnya program, kegiatan dan pagu indikatifnya, jelasnya.


Tema yang ditetapkan dalam Musrenbang Kabupaten Sidoarjo tahun 2015 adalah " Melalui Musrenbang Tahun 2015 Kita Wujudkan Pembangunan Yang Berkualitas, Demokratis Dan Bersih Guna Meningkatkan Daya Saing Ekonomi Daerah, Yang Pro Rakyat, Berkeadilan dan Berkelanjutan".

Pada bagian lain, Ketua DPRD Kab. Sidoarjo, H. Sulamul Hadi Nurmawan dalam sambutan paparannya menyampaikan pokok-pokok pikiran DPRD Kab. Sidoarjo untuk pembangunan Kab. Sidoarjo Tahun 2016, diantaranya di bidang pemerintahan, perekonomian, dan kesejahteraan rakyat. Nurmawan berharap Pemkab dapat mengimplementasikan program pembangunan tahun ke-5 dan mengakomodir kebijakan tahun ke-1 sampai ke-4, yang menurutnya akan bisa terwujud dengan kerja keras dan kerjasama yang baik dari semua elemen pembangunan. Dengan diundangnya para anggota DPRD maka diharapkan akan ada masukan terkait aspirasi masyarakat dari para anggota DPRD, tukasnya.

Mengawali sambutannya pada acara tersebut, Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah, SH, M. Hum menyampaikan rasa terimakasihnya kepada seluruh masyarakat yang telah turut berpartisipasi memberikan masukan dalam Musrenbang, Menurutnya proses panjang tersebut memang harus dijalankan karena tahapan pembangunan saat ini harus mengacu pada Musrenbang.

H. Saiful Ilah juga menyampaikan bahwa dalam Musrenbang penyusunan RKPD tahun 2016 ini Pemkab Sidoarjo menetapkan 5 (lima) prioritas pembangunan yaitu ; pertama adalah peningkatan peran serta masyarakat dalam berpolitik dan meningkatkan iklim demokrasi yang sehat, kedua peningkatan modal sosial pembangunan, penegakan supremasi hukum, pemerataan peningkatan peran wanita dalam pembangunan, ketiga peningkatan investasi dan ekonomi lokal yang didukung oleh pembangunan infastruktur dan pengembangan sumber - sumber dana pembangunan, dan yang keempat peningkatan daya saing Sumber Daya Manusia (SDM) dan tata kelola pemerintahan yang baik, kemudian yang terakhir adalah optimalisasi pelestarian dan kualitas lingkungan hidup yang sinergi dengan kebijakan tata ruang dan efektivitas penanganan bencana.


Kelima prioritas tersebut merupakan penjabaran dari kebijakan umum yang tercantum dalam RPJMD (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah) Kabupaten Sidoarjo tahun 2010 - 2015 yang masih digunakan untuk penyusunan perencanaan pembangunan dalam masa transisi tahun 2016, terangnya.


Ditegaskannya pula bahwa Musrenbang kali ini sangat strategis dan penting karena tidak meutup kemungkinan akan terjadi peralihan kepemimpinan di Kab. Sidoarjo mengingat akan dilaksanakannya Pilkada pada 9 Desember 2015. Untuk itu dirinya berharap agar para peserta Musrenbang dapat betul-betul berpartisipasi dalam pembangunan kabupaten Sidoarjo.


Untuk mengukur dan melihat suatu kemajuan daerah atau kabupaten, pemerintah pusat telah menetapkan 7 (tujuh) indikator , antara lain; indeks pembangunan manusia (IPM), tingkat pengangguran terbuka (TPT), angka harapan hidup, angka melek huruf dan rata - rata lama sekolah, kemampuan daya beli, penduduk miskin dan pertumbuhan ekonomi.


Diukur dari ketujuh indikator tersebut, kabupaten Sidoarjo termasuk salah satu kabupaten di Jawa Timur yang dianggap berhasil dalam pembangunan manusia, dan salah satu tertinggi se Jawa Timur, BPS telah menetapkan bahwa capaian Pembangunan Manusia Kabupaten Sidoarjo selama tahun 2013 adalah tercepat dibandingkan dengan kabupaten/kota lain di Jawa Timur, dan telah melampaui target yang tercantum dalam RPJMD, sedangkan untuk ke enam indikator lainnya seluruhnya te