Kabupaten Sidoarjo
Sidoarjo Permai Bersih Hatinya
° C
Pemprov Jatim Bangun Tol di Sidoarjo Untuk Urai Kemacetan
Dilihat
449
Penulis:
2015-03-11 02:03:06




HUMAS PROTOKOL, Sidoarjo – Bupati  Sidoarjo, H. Saiful Ilah, SH. M.HUM, kemarin (10/11) menerima tamu dari PT. Waskita Bumi Wira dengan didampingi oleh Dinas PU. Bina Marga Provinsi Jawa Timur di Pendopo Delta Wibawa Kabupaten Sidoarjo, terkait ijin  akan dibangunnya jalan tol di daerah Krian – Legundi – Bunder.

Pemerintah Provinsi Jawa Timur memang sangat membutuhkan jalan tol Krian – Legundi – Bunder sebagai jalan alternatif, memngingat dikawasan tersebut lalu lintas kendaraan sudah sangat overload.

PT. Waskita Karya dan PT. Energi Bumi Minning  telah mengajukan diri sebagai pemrakarsa, dan telah mendapat persetujuan dari Gubernur Jawa Timur dan Menteri Pekerjaan Umum.

               Pembangunan jalan tol ini nantinya akan melibatkan dua wilayah yakni Kabupaten Sidoarjo, tepatnya di Kecamatan Krian dan Balongbendo,  serta Kabupaten Gresik.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga Kabupaten Sidoarjo, Ir. Sigit Setyawan, M.T  menyambut baik dengan akan dibangunnya Jalan tol Krian – Legundi – Bunder ini.  Pada ruas jalan tersebut merupakan lalu lintas industri.

Selain itu, pada saat arus mudik dan arus balik lebaran setiap tahunnya,  terjadi kemacetan luar biasa di ruas jalan tersebut.

Dono Purwanto, perwakilan dari PT. Waskita Bumi Wira  dalam pertemuan tersebut melakukan presentasi di depan  Bupati Sidoarjo dan SKPD terkait Pemerintah Kabupaten Sidoarjo.

Proyek pembangunan jalan tol ini telah mendapatkan persetujuan dari Menteri Pekerjaan Umum  dan Gubernur Jawa Timur. Dan  pertemuan yang dilakukan di Kabupaten Sidoarjo ini, untuk koordinasi dengan Pemerintah Kabupaten Sidoarjo mengenai perijinan yang menjadi kewenangan Pemerintah Kabupaten Sidoarjo.

Mengingat dalam Proyek ini, akan memakan lebih kurang 1 Km2 luas wilayah Kabupaten Sidoarjo, tepatnya di By pass Kecamatan Krian - Balongbendo.

Bupati Sidoarjo, H. Saiful Ilah, SH, M.HUM, sangat setuju dengan pembangunan jalan tol ini, karena selain akan mengurai kemacetan di daerah tersebut, juga sangat bermanfaat pembangunan perekonomian, karena jalur tersebut  merupakan jalur untuk lalu lintas perindustrian.

Saya meminta agar semua persyaratan perijinan segera dilengkapi, dan para SKPD terkait yang untuk mempermudah proses perijinannya agar segera terlaksana pembangunannya, pinta Bupati Saiful Ilah.(humas/en)