Kabupaten Sidoarjo
Sidoarjo Permai Bersih Hatinya
° C
Pemkab Sidoarjo Gelar Resepsi Pengantin Massal
Dilihat
407
Penulis:
2015-02-20 09:05:58




HUMASPROTOKOLSidoarjo.- Resepsi pernikahan digelar Pemerintah Kabupaten Sidoarjo untuk 40 pasang pengantin di Pendopo Delta Wibawa Sidoarjo, Kamis (12/2). Resepsi pernikahan digelar sebagai hajatan pengantin yang baru melaksanakan pernikahannya. Pasangan pengantin yang masih muda sampai yang berusia tua ada dalam resepsi tersebut. Pasalnya, selain  benar-benar diikuti oleh pasangan pengantin yang baru menikah, resepsi tersebut juga diikuti pasangan pengantin yang sebelumnya telah nikah siri cukup lama.


Busana pengantin adat Jawa dikenakan oleh pasangan pengantin tersebut. HimpunanAhli Rias Pengantin Indonesia (Harpi) Melati Sidoarjo dikerahkan untuk meriasnya. Usai di rias di pendopo Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata Sidoarjo, para pengantin di arak terlebih dahulu. 40 becak hias digunakan untuk mengantarkan 40 pasangan tersebut menuju Pendopo Delta Wibawa Sidoarjo. Dari  Jalan Sultan Agung, para pengantin diarak melewati  Jalan Teuku Umar menuju Jalan Thamrin dan Jalan A. Yani untuk sampai ke pendopo dengan iringan sholawat Al Banjari.


Setiba di pendopo, temu manten dilakukan sebelum resepsi nikah digelar. Layaknya unduh mantu (mengambil menantu),  Sekda Sidoarjo Vino Rudy Muntiawan SH didapuk sebagai utusan keluarga pengantin pria untuk diserahkan. Dua sisir pisang diserahkan Sekda Sidoarjo kepada Wakil Bupati Sidoarjo H. MG Hadi Sutjipto SH,MM dalam prosesi temu manten. Begitu juga dengan wadah air berisi bunga yang di bawa diserahkan istri Sekda Sidoarjo,  Ny. Nun Vino Rudy Muntiawan kepada Ny. Nanik Hadi Sutjipto istri wakil bupati Sidoarjo.


Temu manten usai dilakukan, secara simbolis buku nikah diserahkan oleh Wakil Bupati Sidoarjo H. MG Hadi Sutjipto kepada pengantin. Bantuan modal usaha sebesar Rp 1 juta kepada masing-masing pasangan juga ikut diserahkan dalam resepsi pengantin massal kali ini. Tidak ketinggalan, Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah SH,M.Hum ikut memberikan uang meski tidak bisa menyaksikan warganya yang sedang berbahagia.


Wakil Bupati Sidoarjo H. MG Hadi Sutjipto menyambut baik kegiatan seperti ini. Pasangan pengantin dapat melaksanakan pernikahannya dengan meriah. Selain itu, Pemda Sidoarjo melalui BAZNAS Sidoarjo juga memberikan bantuan modal usaha kepada para pengantin. Pasalnya, rata-rata para penganti merupakan warga kurang mampu yang ada di Sidoarjo.


Sementara itu Wakil Ketua III BAZ Kabupaten Sidoarjo Drs. Ilhamuddin mengatakan resepsi pengantin massal digelar untuk memeriahkan Hari Jadi Kabupaten Sidoarjo ke 156 tahun 2015. Kegiatan tersebut dilakukan sebagai program kerja tahunan dari BAZNAS Kabupaten Sidoarjo. Fasilitas berupa mahar seperangkat alat sholat dan uang transport sebesar Rp 150 ribu diberikan kepada masing-masing pengantin.


Ilhamuddin mengatakan bahwa sebelumnya para pengantin telah melangsungkan pernikahannya di Kantor Urusan Agama (KUA) yang ada di kecamatannya masing-masing. Pasangan pengantin tersebut berasal dari berbagai kecamatan yang ada di Kabupaten Sidoarjo. Seperti dari Kecamatan Sidoarjo, Candi, Tanggulangin, Krembung, Wonoayu, Porong, Buduran, Balongbendo, Tarik serta Kecamatan Sukodono dan Gedangan.


Dalam resepsi pengantin massal kali ini, ada yang dinobatkan sebagai pasangan pengantin termuda dan tertua. Pasangan pengantin termuda berasal dari Kecamatan Sidoarjo. Agus Setiawan yang berusia 20 tahun bersanding dengan Putri Ayu Nemu yang berusia 18 sebagai pasangan pengantin termuda.


Sedangan pasangan pengantin tertua berasal dari Kecamatan Balongbendo. Bapak Untung Wijaya yang berusia 65 tahun menikah dengan Maslikhah yang juga berusia 65 sebagai pasangan tertua dalam resepsi pengantin massal tahun ini. (humas/git)