Kabupaten Sidoarjo
Sidoarjo Permai Bersih Hatinya
° C
Ketua TP. PKK Kabupaten Sidoarjo : Aktifkan Kembali Dasawisma
Dilihat
740
Penulis:
2015-02-18 03:25:27




HUMASPROTOKOLSidoarjo.- Ketua TP. PKK Kabupaten Sidoarjo Ny. Hj. Anik Saiful Ilah meminta kepada seluruh anggotanya untuk kembali mengaktifkan kembali dasawisma. Ia menilai keberadaan kelompok-kelompok dasawisma sangat penting dan strategis. Pasalnya dasawisma merupakan unit terdepan dalam gerakan PKK.


Hal itu ia sampaikan dalam sambutannya usai melantik ketua TP-PKK Kecamatan Balongbendo di pendopo Kantor Kecamatan Balongbendo, Rabu (18/2). Istri dari Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah SH,M.Hum tersebut mengatakan apabila kelompok dasawisma berfungsi dengan baik, data-data keluarga yang akurat dapat diperoleh. Disamping itu akan mempermudah bagi anggota PKK dalam penyampaian informasi secara langsung terkait program-program TP-PKK kepada masyarakat.  


Ibu-ibu kami harapkan dapat berkoordinasi dengan Ketua TP. PKK Desa, RW, dan RT untuk mengaktifkan kembali Dasawisma dan Kader yang ada diwilayah masing-masing, pintanya.


Lebih lanjut ia menyampaikan bahwa pelaksanaan 10 Program Gerakan Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga dilaksanakan secara berjenjang mulai dari tingkat pusat sampai pada tingkat dasa wisma. Hal itu akan memberikan manfaat yang sangat besar demi terwujudnya ketahanan keluarga, khususnya di Kabupaten Sidoarjo. Untuk itu peran seluruh kader PKK di setiap jenjang diharapkan dapat terus ditingkatkan. Kiprah dan pengabdian  kader PKK sangat dibutuhkan dalam menggerakkan masyarakat menuju pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga. 


Dalam kesempatan tersebut Ny. Hj. Anik Saiful Ilah juga meminta anggota PKK untuk menyesuaikan kegiatan yang direncanakan dan dilaksanakan dengan prioritas kebutuhan masyarakat. Rencana dan pelaksanaan kegiatan yang ada hendaknya disesuaikan dengan  situasi, kondisi, dan kemampuan yang ada. Sehingga tidak ada unsur paksaan dari atas, melainkan merupakan kesadaran dalam membangun wilayahnya. Dengan demikian akan dapat memberikan arti dan nilai positif bagi keluarga dan masyarakat di lingkungan tempat tinggal masing-masing.


Dalam kesempatan itu ia menyampaikan bahwa keberhasilan pelaksanaan program-program kesejahteraan keluarga dapat dicapai dengan dukungan semua pihak. Adanya keterpaduan antara gerakan keswadayaan dan partisipasi masyarakat dengan bimbingan dan fasilitasi teknis dari berbagai instansi atau lembaga terkait sangat dibutuhkan. Untuk itu ia berpesan kepada camat maupun Kepala Desa selaku Pembina TP. PKK Kecamatan dan Desa untuk terus memberikan dukungan, motivasi dan pembinaan. Selain itu pengawasan kepada Ibu-Ibu TP. PKK dalam menjalankan Program PKK di wilayahnya juga harus dilakukan Pembina TP. PKK Kecamatan maupun Desa.


Kepada seluruh Tim Penggerak PKK Kecamatan dan Desa se-Kecamatan Balongbendo yang hadir ia juga berharap untuk dapat membantu Ketua TP. PKK nya masing-masing. Pelaksanaan program kerja yang telah disusun tidak akan berjalan dengan baik tanpa kebersamaan.


Sementara itu dalam pelantikan Ny. Nunuk Tatang Priadi sebagai ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan Balongbendo yang baru, juga disampaikan bantuan sembako kepada 30 warga kurang mampu di Kecamatan Balongbendo. Bantuan 85 paket biskuit untuk ibu hamil dalam kesempatan tersebut juga ikut diberikan oleh Ketua TP. PKK Kabupaten Sidoarjo Ny. Hj. Anik Saiful Ilah.  Diharapkannya biskuit sebagai tambahan nutrisi bagi ibu hamil tersebut dapat dimanfaatkan dan didistribusikan kepada yang membutuhkan. (humas/git)