Kabupaten Sidoarjo
Sidoarjo Permai Bersih Hatinya
° C
Bupati Sidoarjo Resmikan Pos Pemadam Kebakaran Unit Waru
Dilihat
884
Penulis:
2015-02-09 03:34:10




HUMASPROTOKOLSidoarjo.- Pos Pemadam Kebakaran (Damkar) Unit Waru diresmikan penggunaannya oleh Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah SH,M.Hum, Senin (9/2). Dua mobil Damkar disiagakan serta 26 personil ditempatkan di Pos Damkar yang berada di Jalan Letjen. R. Suprapto-Waru tersebut.


Sekda Sidoarjo Vino Rudy Muntiawan SH serta para pejabat Sidoarjo hadir dalam peresmian Pos Damkar yang dibangun oleh PT. Pabrik Cat Tunggal Djaja Indah serta Paguyuban Personalia Tambak Sawah (Guperta) tersebut. Hadir pula Direktur PT. Pabrik Cat Tunggal Djaja Indah Drs. Ec Soedjinoto selaku pemilik lahan tempat pos Damkar tersebut didirikan. Ketua Guperta Ponco serta anggotanya juga hadir dalam kesempatan tersebut.


Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah dalam sambutannya mengucapkan terima kasihnya kepada semua pihak yang telah berpartisipasi dalam pembangunan Pos Damkar. Ia mengatakan pencegahan dan penanggulangan kebakaran merupakan tanggung jawab bersama. Untuk itu dukungan semua pihak diharapkannya dalam upaya pencegahan dan penanggulangan kebakaran. Seperti yang telah ditunjukkan oleh PT. Pabrik Cat Tunggal Djaja Indah dengan meminjamkan lahan seluas 16x20 m2 miliknya. Begitu pula dengan Guperta bersama PT. Pabrik Cat Tunggal Djaja Indah yang dengan sukarela membangun sendiri Pos Damkar Unit Waru tersebut.


Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah mengatakan saat ini baru dua Pos Damkar yang ada di Kabupaten Sidoarjo. Yakni berada di Desa Banjar Kemantren Kecamatan Buduran sebagai pos induk dan berada di area Rumah Potong Hewan Krian sebagai pos pembantu. Ia mengatakan keberadaan Pos Damkar di wilayahnya masih belum ideal jika dibandingkan dengan luas wilayah Kabupaten Sidoarjo. Untuk itu keberadaaan Pos Damkar baru dibutuhkan  dalam penanganan kebakaran yang terjadi.


Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah berharap akan ada lagi Pos Damkar yang dibangun dan tersebar di seluruh wilayah Kabupaten Sidoarjo. Diharapkan nantinya pembangunan  Pos Damkar diusahakan minimal satu kecamatan terdapat satu Pos Damkar. Agar upaya penanganan kebakaran yang terjadi dapat cepat tertangani. Ia mengatakan saat ini di Kecamatan Taman dan Krian masih dilakukan pembahasan rencana pembangunan Pos Damkar. Pembangunan Pos Damkar melalui Corporate Social Responsibility (CSR) perusahaan tersebut diharapkannya dapat segera terlaksana di tahun ini.


Ia mengatakan wilayah Kecamatan Waru termasuk dalam wilayah tingkat kerawanan terjadinya kebakaran yang tinggi. Data tersebut diperoleh dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sidoarjo. Selama ini lanjutnya, penanganan pemadaman di wilayah Kecamatan Waru ditangani oleh Pos Damkar yang berada di Desa Banjar Kemantren Kecamatan Buduran. Oleh sebab itu waktu tanggap (Respon Time) yang ditentukan selama 15 menit dari diterimanya laporan terjadinya kebakaran belum terpenuhi. Selain jarak, kemacetan lalu lintas yang tinggi menjadi kendala tidak terpenuhi  Respon Time tersebut. Oleh karena itu keberadaan Pos Damkar di wilayah Kecamatan Waru sangat dibutuhkan untuk mempercepat penanganan kebakaran.


Dalam kesempatan tersebut, diserahkan piagam penghargaan Bupati Sidoarjo kepada PT. Pabrik Cat Tunggal Djaja Indah dan Guperta atas partisipasinya terhadap pembangunan Pos Damkar Unit Waru tersebut. Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Bupati Sidoarjo kepada  Direktur PT. Pabrik Cat Tunggal Djaja Indah dan ketua Guperta. Dalam kesempatan tersebut penandatangan prasasti Pos Damkar Unit Waru dilakukan Bupati Sidoarjo. (humas/git)