Kabupaten Sidoarjo
Sidoarjo Permai Bersih Hatinya
° C
Bupati Sidoarjo Buka Pembekalan CPNS
Dilihat
512
Penulis:
2015-01-26 02:45:37




HUMASPROTOKOLSidoarjo.- Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah SH,M.Hum membuka pembekalan CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil) formasi tahun 2014 Sidoarjo di Pendopo Delta Nugraha, Senin (26/1). Sebanyak 117 CPNS Sidoarjo ikuti pembekalan CPNS tersebut. Selama empat hari, mulai tanggal 26-29 para abdi negara tersebut akan didik di Batalyon Arhanudse (Artileri Pertahanan Udara Sedang)-8 Gedangan Sidoarjo.


Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah dalam sambutannya Pemerintah Kabupaten Sidoarjo terus berupaya meningkatkan kinerja SDM (Sumber Daya Manusia) para PNS nya. Bahkan upaya dan strategi tersebut dimulai ketika pelamar CPNS dinyatakan lulus rekruitmen CPNS. Para CPNS akan mendapatkan pembekalan dengan materi yang beragam. Mulai dari bidang birokrasi pemerintah maupun tugas-tugas pelayanan publik yang prima dan pembinaan mental spritual.


Tidak hanya berhenti disitu, setelah menjadi PNS, ada proses formal yang harus dilalui. Yakni dengan mengikuti berbagai macam program Diklat (Pendidikan dan Pelatihan). Baik itu yang bersifat struktural maupun teknis dan fungsional. Oleh karena itu Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah berharap melalui pembekalan CPNS kali ini diharapkan para CPNS dapat menyesuaikan diri di tempat kerja yang baru. Selain itu diharapkan peningkatan kinerja dapat ditunjukkan oleh para CPNS di tempat kerjanya masing-masing.


Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sidoarjo Sri Witarsih SH mengatakan pembekalan CPNS tahun 2014 diikuti oleh CPNS dari Formasi honorer Kategori-2 (K-2) serta dari Formasi khusus dokter spesialis. Dalam program pembekalan CPNS kali ini, Pemerintah Kabupaten Sidoarjo menggandeng Batalyon Arhanudse-8 Sidoarjo.


Ia mengatakan program pembekalan CPNS bertujuan untuk membentuk mental, sikap prilaku, sikap nasionalisme kebangsaan dan wawasan nusantara para CPNS. Selain itu pembekalan CPNS diberikan untuk membentuk prilaku yang adaktif dengan lingkungan yang baru. Hal tersebut nantinya sebagai bekal dan pegangan  para CPNS setelah di tempatkan di instansinya masing-masing.


Di harapkan dngan mengikuti pembekalan tersebut pengetahuan dan wawasan tentang birokrasi pemerintah daerah bagi para CPNS dapat meningkat.  Berbagai aturan kepegawaian serta hak dan kewajiban sebagai PNS dapat di mengerti oleh Aparatur Sipil Negara (ASN) tersebut. Sehingga akan terwujud SDM ASN/PNS yang memiliki kinerja yang profesional dengan pola pikir dan mental yang baik.


Sementara itu dalam pembekalan CPNS, banyak materi yang akan disampaikan oleh Yon Arhanudse-8 Sidoarjo. Diantaranya seperti pembentukan disiplin melalui pelatihan baris berbaris dan dinamika kelompok atau outbond. Wawasan kebangsaan nasionalisme serta wawasan nusantara Republik Indonesia juga akan diberikan. Begitu juga dengan materi pembentukan jiwa korsa PNS yang juga akan disampaikan.


Membangun jejaring networking antar peserta pembekalan CPNS melalui outbond di alam terbuka serta pembentukan mental spritual  dengan pembinaan kerohanian dan pembekalan terhadap cara berfikir juga salah satu materi yang akan diberikan, sampai Sri Witarsih.


Sementara itu menandai dimulainya pembekalan, Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah secara simbolis mengalungkan tanda peserta  pembekalan. Wakil Bupati Sidoarjo H. MG Hadi Sutjipto SH,MM serta Sekda Sidoarjo Vino Rudy Muntiawan SH dan Kapten Farauk Saputra mewakili Komandan Batalyon Arhanudse-8 Sidoarjo hadir dalam kesempatan tersebut. (humas/git)